SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK
SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 1
TEMA: LINGKUNGAN
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok dan Uraian Materi
|
Kegiatan
Belajar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/
Bahan/ Alat
|
1. PKN :
·
Mengamalkan makna Sumpah Pemuda
|
·
Mengamalkan makna satu nusa, satu bangsa dan
satu bahasa
·
Mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam
kehidupan sehari- sehari
|
·
Makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa
|
·
mengklasifikasi dan membuat daftar tindakan
yang dapat mempersatukan bangsa
·
menyebutkan nama organisasi pemuda di
nusantara
·
menyebutkan lima tokoh pemuda yang ikut
Kongres Pemuda
·
mengidentifikasikan pengamalan nilai-nilai
Sumpah Pemuda di lingkungan rumah
|
·
Mengklasifikasi dan membuat daftar tindakan
yang dapat mempersatukan bangsa
·
Menyebutkan nama organisasi pemuda di
nusantara
·
Menyebutkan lima tokoh pemuda yang ikut
Kongres Pemuda
·
Mengidentifikasikan pengamalan nilai-nilai
Sumpah Pemuda di lingkungan rumah
|
Tertulis :
uraian
Pengamatan
/perbuatan
|
3 minggu
|
Gambar
Buku
yang relevan
|
2. IPS :
·
Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama
di sekitar rumah dan sekolah
|
·
Menceritakan lingkungan alam dan buatan di
sekitar rumah dan sekolah
·
Membuat denah dan peta lingkungan rumah dan
sekolah
·
|
·
Kerja sama di lingkungan rumah
|
·
mengidentifikasikan kenampakan alam dan
kenampakan buatan di
lingkungan sekitar
·
menjelaskan manfaat kenampakan alam bagi
kehidupan
·
menjelaskan manfaat kenampakan buatan bagi
kehidupan
·
membuat denah rumah siswa dengan menentukan arah
mata anginnya
|
·
Mengidentifikasikan kenampakan alam dan
kenampakan buatan di lingkungan
sekitar
·
Menjelaskan manfaat kenampakan alam bagi
kehidupan
·
Menjelaskan manfaat kenampakan buatan bagi
kehidupan
·
Membuat denah rumah siswa dengan menentukan arah
mata anginnya
|
|
|
|
3. Bahasa
Indonesia
Mendengarkan
·
Memahami penjelasan tentang petunjuk dan
cerita anak yang dilisankan
Berbicara
·
Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman,
dan petunjuk dengan bercerita dan
memberikan tanggapan/ saran
|
·
Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan
·
Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang
disampaikan secara lisan
·
Menceritakan pengalaman yang mengesankan
dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami
|
· Melakukan sesuatu berdasarkan
penjelasan.
· Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak.
· Menceritakan pengalaman yang
mengesankan.
· Memberikan tanggapan dan saran
sederhana.
·
Menjelaskan
isi teks
|
·
menjelaskan petunjuk membuat alat pengukur
debu
·
membuat pertanyaan tentang cara menggunakan
·
menyebutkan nama dan sifat tokoh dalam cerita
binatang
·
memberikan tanggapan dan alasan tentang tokoh
cerita binatang
·
menceritakan peristiwa alam melalui pengamatan
gambar
|
·
Menjelaskan petunjuk membuat alat pengukur
debu
·
Membuat pertanyaan tentang cara menggunakan
·
Menyebutkan nama dan sifat tokoh dalam cerita
binatang
·
Memberikan tanggapan dan alasan tentang tokoh
cerita binatang
·
Menceritakan
peristiwa alam melalui pengamatan gambar
|
|
|
|
4. Matematika
·
Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka
|
·
Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka
|
·
Garis bilangan
·
Penjumlahan dan pengurangan
·
Perkalian dan pembagian
·
Uang
·
Alat ukur
·
Hubungan antar satuan waktu, panjang dan berat
|
·
menulis
bilangan secara panjang
(ribuan, ratusan, puluhan, satuan)
·
menentukan nilai tempat sampai
dengan ribuan
·
melakukan operasi penjumlahan tanpa menyimpan
·
melakukan
operasi penjumlahan dengan menyimpan
·
melakukan operasi pengurangan tanpa meminjam
·
melakukan operasi pengurangan dengan meminjam
|
·
Menulis bilangan secara panjang (ribuan, ratusan,
puluhan, satuan)
·
Menentukan
nilai tempat sampai dengan
ribuan
·
Melakukan operasi penjumlahan tanpa menyimpan
·
Melakukan operasi penjumlahan dengan menyimpan
·
Melakukan operasi pengurangan tanpa meminjam
·
Melakukan operasi pengurangan dengan meminjam
|
|
|
|
5. IPA :
Memahami ciri-ciri dan
kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi
perubahan pada makhluk hidup
|
·
Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan
makhluk hidup
·
Mendeskripsikan perubahan yang terjadi pada
makhluk hidup dan hal- hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan
perkembangan anak (makanan, kesehatan, rekreasi,
dan olah raga)
|
·
Ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup dan tak hidup.
·
Perubahan
pada makhluk hidup
·
Sifat-sifat benda
|
· mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup
· mengidentifikasi ciri-ciri makhluk tak hidup
· menggolongkan tumbuhan berdasarkan bijinya
· menggolongkan tumbuhan berdasarkan akarnya
·
menggolongkan tumbuhan berdasarkan batangnya
·
menggolongkan tumbuhan berdasarkan daunnya
·
menyebutkan ciri-ciri pertumbuhan hewan
·
menyebutkan ciri-ciri pertumbuhan tumbuhan
|
·
Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup
·
Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk tak hidup
·
Menggolongkan tumbuhan berdasarkan bijinya
·
Menggolongkan tumbuhan berdasarkan akarnya
·
Menggolongkan tumbuhan berdasarkan batangnya
·
Menggolongkan tumbuhan berdasarkan daunnya
·
Menyebutkan ciri-ciri pertumbuhan hewan
·
Menyebutkan ciri-ciri pertumbuhan tumbuhan
|
|
|
|
Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ),Tekun (
diligence ) ,Tanggung jawab ( responsibility ),Ketelitian ( carefulness),Kerja sama ( Cooperation ),Toleransi ( Tolerance
), Percaya diri ( Confidence ),Keberanian ( Bravery
)
|
|
|
|
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Kelas
....................... .......................
NIP :....................... NIP
:.......................
SILABUS PEMBELAJARAN
TEMATIK
SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 1
TEMA: PENGALAMAN
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok dan Uraian Materi
|
Kegiatan
Belajar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/
Bahan/ Alat
|
1. PKN :
·
Mengamalkan makna Sumpah Pemuda
|
·
Mengenal makna Satu Nusa, Satu Bangsa, dan
Satu Bahasa
|
·
Makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa
|
·
mendefinisikan arti Sumpah Pemuda
·
menjelaskan latar belakang terwujudnya Sumpah
Pemuda
·
menjelaskan tujuan Kongres Pemuda I dan II
·
menjelaskan makna Sumpah Pemuda
·
menyebutkan manfaat persatuan dan kesatuan
|
·
Mendefinisikan arti Sumpah Pemuda
·
Menjelaskan latar belakang terwujudnya Sumpah
Pemuda
·
Menjelaskan tujuan Kongres Pemuda I dan II
·
Menjelaskan makna Sumpah Pemuda
·
Menyebutkan manfaat persatuan dan kesatuan
|
Tertulis :
uraian
Pengamatan
/perbuatan
|
3 minggu
|
Gambar,
Buku
yang relevan,
Buku Erlangga
|
2. IPS :
·
Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama
di sekitar rumah dan sekolah
|
·
Melakukan kerja sama di lingkungan rumah,
sekolah, dan kelurahan/desa
|
·
Kerja sama di lingkungan rumah
|
·
menyebutkan bentuk-bentuk kerja sama di
lingkungan rumah
·
menjelaskan kerja sama (gotong royong) sebagai
cirri khas bangsa Indonesia
|
·
Menyebutkan bentuk-bentuk kerja sama di
lingkungan rumah
·
Menjelaskan kerja sama (gotong royong) sebagai
ciri khas bangsa Indonesia
|
|
|
|
3. Bahasa
Indonesia
·
Mendengarkan
·
Memahami penjelasan tentang petunjuk dan
cerita anak yang dilisankan
·
Berbicara
·
Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman,
dan petunjuk dengan bercerita dan
memberikan tanggapan/ saran
|
·
Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang
disampaikan secara lisan
·
Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang
disampaikan secara lisan
·
Menceritakan pengalaman yang mengesankan
dengan menggunakan kalimat yang
runtut dan mudah dipahami
·
Memberikan tanggapan dan saran sederhana
terhadap suatu masalah dengan
menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat
·
Menjelaskan isi teks (100 – 150 kata) melalui
membaca intensif
|
·
Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan.
·
Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak.
·
Menceritakan pengalaman yang mengesankan.
·
Memberikan tanggapan dan saran sederhana.
·
Menjelaskan isi teks
|
·
mendengarkan penjelasan untuk menolong teman
·
menuliskan hal-hal penting yang didengar
tentang menolong teman
·
Siswa menceritakan pengalaman kebiasaan baik
yang dilakukan sehari-hari
·
melakukan percakapan tentang pengalaman
·
menanggapi cerita pengalaman teman
·
mengemukakan perasaan sesuai isi bacaan
·
membuat kesimpulan isi bacaan
·
mengemukakan pendapat tentang isi bacaan
|
·
Mendengarkan penjelasan untuk menolong teman
·
Menuliskan hal-hal penting yang didengar
tentang menolong teman
·
Menceritakan pengalaman kebiasaan baik yang
dilakukan sehari-hari
·
Melakukan percakapan tentang pengalaman
·
Menanggapi cerita pengalaman teman
·
Mengemukakan perasaan sesuai isi bacaan
·
Membuat kesimpulan isi bacaan
·
Mengemukakan pendapat tentang isi bacaan
|
|
|
|
4. Matematika
·
Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka
·
Menggunakan pengukuran waktu, panjang dan berat dalam
memecahkan masalah
|
·
Menentukan letak bilangan pada garis bilangan
·
Melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga angka
·
Melakukan perkalian yang hasilnya bilangan tiga angka
·
Memecahkan masalah penghitungan termasuk yang berkaitan
dengan uang
·
Memilih alat ukur sesuai dengan fungsinya (meteran,
timbangan, atau jam)
·
Mengenal hubungan antarsatuan waktu, antarsatuan
panjang, dan antarsatuan berat
|
·
Garis bilangan
·
Penjumlahan dan pengurangan
·
Perkalian dan pembagian
·
Uang
·
Alat ukur
·
Hubungan antar satuan waktu, panjang dan berat
|
·
menaksirkan bilangan yang dibutuhkan letaknya pada garis bilangan
·
memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan
·
memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan perkalian dan pembagian
·
menyebutkan nilai mata uang rupiah dari yang terkecil
sampai yang terbesar
·
menentukan kesetaraan nilai uang dengan berbagai satuan uang lainnya
·
menaksir jumlah harga dari sekelompok barang yang bisa
dibeli atau dijual sehari-hari
·
menyelesaikan soal cerita yang melibatkan nilai uang
·
menaksir panjang dan lebar suatu benda dengan meteran
·
menaksir berat suatu benda dengan alat timbangan/ neraca
·
menaksir lama kegiatan sehari-hari dengan alat ukur
·
menentukan satuan ukur dalam pemecahan masalah sehari-hari
|
·
Menaksirkan bilangan yang dibutuhkan letaknya pada
garis bilangan
·
Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan
penjumlahan dan pengurangan
·
Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan
perkalian dan pembagian
·
Menyebutkan nilai mata uang rupiah dari yang terkecil
sampai yang terbesar
·
Menentukan kesetaraan nilai uang dengan berbagai satuan
uang lainnya
·
Menaksir jumlah harga dari sekelompok barang yang bisa
dibeli atau dijual sehari-hari
·
Menyelesaikan soal cerita yang melibatkan nilai uang
·
Menaksir panjang dan lebar suatu benda dengan meteran
·
Menaksir berat suatu benda dengan alat timbangan/
neraca
·
Menaksir lama kegiatan sehari-hari dengan alat ukur
·
Menentukan satuan ukur dalam pemecahan masalah
sehari-hari
|
|
|
|
5. IPA :
·
Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup
serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup
·
Memahami sifat-sifat, perubahan sifat benda
dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari
|
·
Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan
makhluk hidup
·
Mendeskripsikan perubahan yang terjadi pada
makhluk hidup dan hal- hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan
perkembangan anak (makanan, kesehatan, rekreasi,
dan olah raga)
·
Mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan
pengamatan melalui benda padat,
cair dan gas
|
·
Ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup dan tak hidup.
·
Perubahan
pada makhluk hidup
·
Sifat-sifat benda
|
·
membedakan
antara makhluk hidup dan makhluk tak hidup berdasarkan pengmatan ciri-cirinya
·
mengidentifikasi
perubahan tubuh pada manusia melalui
pengamatan gambar
·
menafsirkan
perubahan manusia berdasarkan hasil pengukuran
·
menyebutkan
sifat-sifat benda gas
·
menyebutkan
sifat-sifat benda cair
·
menyebutkan
sifat-sifat benda gas
|
·
Membedakan
antara makhluk hidup dan makhluk tak hidup berdasarkan pengmatan
ciri-cirinya
·
Mengidentifikasi perubahan tubuh pada manusia melalui
pengamatan gambar
·
Menafsirkan perubahan manusia berdasarkan hasil
pengukuran
·
Menyebutkan
sifat-sifat benda gas
·
Menyebutkan sifat-sifat benda cair
·
Menyebutkan
sifat-sifat benda gas
|
|
|
|
Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ),Tekun (
diligence ) ,Tanggung jawab ( responsibility ),Ketelitian ( carefulness),Kerja sama ( Cooperation ),Toleransi ( Tolerance
),Percaya diri ( Confidence ),Keberanian ( Bravery
)
|
|
|
|
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Kelas
....................... .......................
NIP :....................... NIP
:.......................
SILABUS PEMBELAJARAN
TEMATIK
SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 1
TEMA: KEGIATAN
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok dan Uraian Materi
|
Kegiatan
Belajar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/
Bahan/ Alat
|
1. PKN :
·
Mengamalkan makna Sumpah Pemuda
|
·
Mengenal makna Satu Nusa, Satu Bangsa, dan
Satu Bahasa
·
Mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam
kehidupan sehari-hari
·
|
·
Makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa
|
·
membaca teks Sumpah Pemuda
|
·
Membaca teks Sumpah Pemuda
|
Tertulis :
uraian
Pengamatan
/perbuatan
|
2 minggu
|
Gambar,
Buku
yang relevan,
Buku Erlangga
|
2. IPS :
·
Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama
di sekitar rumah dan sekolah
|
·
Memelihara lingkungan alam dan buatan di
sekitar rumah
·
Melakukan kerja sama di lingkungan rumah,
sekolah, dan kelurahan/ desa
|
·
Kerja sama di lingkungan rumah
|
·
memberi contoh memelihara lingkungan dengan
cara yang baik
·
mempraktekkan cara memelihara lingkungan rumah
·
mencatat kegiatan Karang Taruna yang
berupaya menggalang persatuan dan
kesatuan
·
membuat gambar yang menunjukkan kerja sama di
lingkungan sekolah
|
·
Memberi contoh memelihara lingkungan dengan
cara yang baik
·
Mempraktekkan cara memelihara lingkungan rumah
Mencatat kegiatan Karang Taruna
yang berupaya menggalang persatuan dan kesatuan Membuat gambar yang
menunjukkan kerja sama di lingkungan sekolah
|
|
|
|
3. Bahasa
Indonesia
Mendengarkan
·
Memahami penjelasan tentang petunjuk dan
cerita anak yang dilisankan
Berbicara
·
Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman,
dan petunjuk dengan bercerita dan
memberikan tanggapan/ saran
Membaca
·
Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca
intensif dan membaca dongeng
Menulis
·
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi
dalam bentuk paragraf dan puisi
|
·
Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan
secara Lisan
·
Memberikan tanggapan dan saran sederhana
terhadap suatu masalah dengan
menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat
·
Membaca nyaring teks (20 – 25 kalimat) dengan
lafal dan intonasi yang tepat
·
Menjelaskan isi teks (100 – 150) melalui
membaca intensif
·
Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang
tersedia dengan memperhatikan
penggunaan ejaan
|
·
Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan.
·
Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak.
·
Menceritakan pengalaman yang mengesankan.
·
Memberikan tanggapan dan saran sederhana.
·
Menjelaskan isi teks
|
·
Memberikan tanggapan dan saran melalui
pengamatan gambar
·
membaca bersuara dengan lafal dan intonasi
yang tepat
·
menjawab pertanyaan bacaan
·
menggunakan huruf kapital dan tanda baca pada
kalimat
·
menulis kalimat dengan menggunakan tanda
hubung
·
menulis kalimat dengan menggunakan koma
untuk memisahkan rupiah, persepuluh,
·
menulis
kalimat dengan menggunakan
tanda
|
·
Mendengarkan penjelasan lomba
·
Menyusun percakapan melalui telepon
·
Memberikan tanggapan dan saran melalui
pengamatan gambar
·
Membaca bersuara dengan lafal dan intonasi
yang tepat
·
Menjawab pertanyaan bacaan
·
Menggunakan huruf kapital dan tanda baca pada
kalimat
·
Menulis kalimat dengan menggunakan tanda
hubung
·
Menulis kalimat dengan menggunakan koma untuk
memisahkan rupiah, persepuluh, dan se
·
Menulis kalimat dengan menggunakan tanda seru
·
Menggunakan kata depan di- dan ke-
|
|
|
|
4. Matematika
·
Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka
·
Menggunakan pengukuran waktu, panjang dan berat dalam
memecahkan masalah
|
·
Menentukan letak bilangan pada garis bingan
·
Melakukan perkalian yang hasilnya bilangan tiga angka
dan pembagian bilangan tiga angka
·
Melakukan operasi hitungan campuran
·
Memilih alat ukur sesuai dengan fungsinya (meteran,
timbangan, atau jam)
·
Mengenal hubungan antarsatuan waktu, antarsatuan
panjang, dan antarsatuan berat
|
·
Garis bilangan
·
Penjumlahan dan pengurangan
·
Perkalian dan pembagian
·
Uang
·
Alat ukur
·
Hubungan antar satuan waktu, panjang dan berat
|
·
menentukan pola pada garis bilangan
·
mengubah bentuk perkalian menjadi pembagian
·
mengubah bentuk pembagian menjadi perkalian
·
membedakan bilangan ganjil dan genap berdasarkan hasil
atau tidaknya apabila dibagi dua
·
menyebutkan jenis alat ukur sederhana
·
memilih alat ukur yang sesuai dengan benda yang diukur
·
membaca tanda waktu jam, setengah
jam, seperempat jam pada jarum jam
·
membaca tanda waktu sampai lima menit pada jarum jam
·
menentukan hubungan antarsatuan waktu: menit, jam, hari, minggu, bulan, dan tahun; dan
antarsatuan berat : kg, ons, gram
|
·
Menentukan posisi pada garis bilangan
·
Menentukan pola pada garis bilangan
·
Mengubah bentuk perkalian menjadi pembagian
·
Mengubah bentuk pembagian menjadi perkalian
·
Membedakan bilangan ganjil dan genap berdasarkan hasil
atau tidaknya apabila dibagi dua
·
Menyebutkan jenis alat ukur sederhana
·
Memilih alat ukur yang sesuai dengan benda yang diukur
·
Membaca tanda waktu jam, setengah jam, seperempat jam
pada jarum jam
·
Membaca tanda waktu sampai lima menit pada jarum jam
·
Menentukan hubungan antarsatuan waktu: menit, jam,
hari, minggu, bulan, dan tahun; dan antarsatuan berat : kg, ons, gram
|
|
|
|
5. IPA :
·
Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup
serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup
·
Memahami kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap
kesehatan, dan upaya menjaga kesehatan lingkungan
·
Memahami sifat-sifat, perubahan sifat benda
dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari
|
·
Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana
·
Menjelaskan
cara menjaga kesehatan lingkungan sekitar
·
Mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan
pengamatan meliputi benda padat,
cair, dan gas
|
·
Ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup dan tak hidup.
·
Perubahan
pada makhluk hidup
·
Sifat-sifat benda
|
·
mempraktekkan cara memelihara tanaman
·
membuat kliping yang menunjukkan lingkungan sehat
dan tidak sehat
·
mengidentifikasi sifat-sifat khusus benda padat
·
mengidentifikasi sifat-sifat khusus benda cair
·
mengidentifikasi
sifat-sifat khusus benda gas
|
·
Mempraktekkan cara memelihara tanaman
·
Membuat kliping yang menunjukkan lingkungan sehat dan
tidak sehat
·
Mengidentifikasi sifat-sifat khusus benda padat
·
Mengidentifikasi sifat-sifat khusus benda cair
·
Mengidentifikasi sifat-sifat khusus benda gas
|
|
|
|
Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ),Tekun (
diligence ) ,Tanggung jawab ( responsibility ),Ketelitian ( carefulness),Kerja sama ( Cooperation ),Toleransi ( Tolerance
),Percaya diri ( Confidence ),Keberanian ( Bravery
)
|
|
|
|
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Kelas
....................... .......................
NIP :....................... NIP
:.......................
SILABUS PEMBELAJARAN
TEMATIK
SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 1
TEMA: TEMPAT UMUM
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok dan Uraian Materi
|
Kegiatan
Belajar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/
Bahan/ Alat
|
1. PKN :
·
Mengamalkan makna Sumpah Pemuda
|
·
Mengenal makna Satu Nusa, Satu Bangsa, dan
Satu Bahasa
·
Mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam
kehidupan sehari-hari
|
·
Makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa
|
·
menyebutkan waktu dan tempat pertama kali
Sumpah Pemuda dibacakan
·
Menyebutkan tempat-tempat yang digunakan
untuk kegiatan kepemudaan
|
·
Menyebutkan waktu dan tempat pertama kali
Sumpah Pemuda dibacakan
·
Menyebutkan tempat-tempat yang digunakan untuk
kegiatan kepemudaan
|
Tertulis :
uraian
Pengamatan/perbuatan
|
2 minggu
|
·
Gambar
·
Buku yang relevan
·
Buku Erlangga
|
2. IPS :
·
Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama
di sekitar rumah dan sekolah
|
·
Menceritakan lingkungan alam dan buatan di
sekitar rumah dan sekolah
·
Melakukan kerja sama di lingkungan rumah,
sekolah, dan kelurahan/ desa
|
·
Kerja sama di lingkungan rumah
|
·
Menyebutkan tempat kenampakan alam
·
Siswa dapt Menyebutkan tempat kenampakan
buatan
·
Mendata jumlah penduduk, kematian dan
kelahiran di kelurahan Balonggede
|
·
Menyebutkan tempat kenampakan alam
·
Menyebutkan tempat kenampakan buatan
·
Mendata jumlah penduduk, kematian dan
kelahiran di kelurahan Balonggede
|
|
|
|
3. Bahasa Indonesia
Mendengarkan
·
Memahami penjelasan tentang petunjuk dan
cerita anak yang dilisankan
Berbicara
·
Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman,
dan petunjuk dengan bercerita dan
memberikan tanggapan/ saran
|
·
Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan
secara lisan
·
-
Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan
·
kalimat yang runtut dan mudah dipahami
|
·
Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan.
·
Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak.
·
Menceritakan pengalaman yang mengesankan.
·
Memberikan tanggapan dan saran sederhana.
·
Menjelaskan isi teks
|
·
menyebutkan tokoh-tokoh dalam drama
·
menuliskan nama-nama tokoh dalam drama
·
menjelaskan makna simbol
·
menjelaskan urutan kegiatan lomba melalui
gambar
|
·
Menyebutkan tokoh-tokoh dalam drama
·
Menuliskan nama-nama tokoh dalam drama
·
Menjelaskan makna simbol
·
Menjelaskan urutan kegiatan lomba melalui
gambar
|
|
|
|
4. Matematika
·
Menggunakan pengukuran waktu, panjang dan berat dalam
memecahkan masalah
|
·
Melakukan penjumlahan
dan pengurangan tiga angka
·
Melakukan operasi hitungan campuran
|
·
Garis bilangan
·
Penjumlahan dan pengurangan
·
Perkalian dan pembagian
·
Uang
·
Alat ukur
·
Hubungan antar satuan waktu, panjang dan berat
|
·
mencatat jumlah siswa kelas 1
sampai dengan kelas 6 pada lembar
tugas secara berkelompok
·
Siswa dapar menggunakan sifat operasi hitung pertukaran
dan sifat pengelompokan untuk
mempermudah perhitungan perkalian dan pembagian
·
memecahkan masalah yang melibatkan perkalian dan pembagian
|
· Mencatat jumlah siswa kelas 1 sampai dengan kelas 6
pada lembar tugas secara berkelompok
· Menggunakan sifat operasi hitung pertukaran dan
sifat pengelompokan untuk mempermudah perhitungan perkalian dan pembagian
· Memecahkan masalah yang melibatkan perkalian dan
pembagian
|
|
|
|
5. IPA :
·
Memahami kondisi lingkungan yang berpengaruh
terhadap kesehatan, dan upaya menjaga kesehatan lingkungan
·
Memahami sifat-sifat, perubahan sifat benda
dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari
|
·
Menjelaskan
cara menjaga kesehatan lingkungan sekitar
·
Mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan
pengamatan meliputi benda padat,
cair, dan gas
·
Menjelaskan kegunaan benda plastik, kayu, dan
kertas
|
·
Ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup dan tak hidup.
·
Perubahan
pada makhluk hidup
·
Sifat-sifat benda
|
·
memberi contoh benda padat
·
menuliskan contoh benda cair
·
menyebutkan
contoh benda gas
·
mengidentifikasi
benda-benda di lingkungan sekolah
·
menyebutkan
benda-benda yang terbuat dari plastik dan
kegunaannya
·
menyebutkan
benda-benda yang terbuat dari kayu dan kegunaannya
·
menyebutkan
benda-benda yang terbuat dari kertas dan
kegunaannya
|
·
Melakukan kegiatan untuk memelihara kesehatan
lingkungan sekolah
·
Mengklasifikasi benda-benda di lingkungan sekolah
·
Memberi contoh benda padat
·
Menuliskan contoh benda cair
·
Menyebutkan contoh benda gas
·
Mengidentifikasi benda-benda di lingkungan sekolah
·
Menyebutkan benda-benda yang terbuat dari plastik dan
kegunaannya
·
Menyebutkan benda-benda yang terbuat dari kayu dan
kegunaannya
·
Menyebutkan benda-benda yang terbuat dari kertas dan
kegunaannya
|
|
|
|
Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ),Tekun (
diligence ) ,Tanggung jawab ( responsibility ),Ketelitian ( carefulness),Kerja sama ( Cooperation ),Toleransi ( Tolerance
),Percaya diri ( Confidence ),Keberanian ( Bravery
)
|
|
|
|
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Kelas
....................... .......................
NIP :....................... NIP
:.......................
SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK
SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 1
TEMA: HIBURAN
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok dan Uraian Materi
|
Kegiatan
Belajar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/
Bahan/ Alat
|
1. PKN :
·
Mengamalkan makna Sumpah Pemuda
|
·
Mengenal makna Satu Nusa, Satu Bangsa, dan Satu
Bahasa
·
Mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam
kehidupan sehari-hari
|
·
Makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa
|
·
menulis isi teks Sumpah Pemuda
·
menyanyikan lagu Satu Nusa Satu Bangsa
·
mendiskusikan cara kita mengamalkan satu nusa,
satu bangsa dan satu bahasa
|
·
Menulis isi teks Sumpah Pemuda
·
Menyanyikan lagu Satu Nusa Satu Bangsa
·
Mendiskusikan cara kita mengamalkan satu nusa,
satu bangsa dan satu bahasa
|
Tertulis :
uraian
Pengamatan/perbuatan
|
2 minggu
|
·
Gambar
·
Buku yang relevan
·
Buku erlangga
|
2. IPS :
·
Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama
di sekitar rumah dan sekolah
|
·
Membuat denah dan peta lingkungan rumah dan
sekolah
|
·
Kerja sama di lingkungan rumah
|
·
menjelaskan manfaat denah dalam kehidupan
sehari-hari
·
membuat denah SD Assalaam dilengkapi dengan rencana penghijauan
·
Siswa
dapat membuat denah rumah siswa dengan menentukan arah mata angin
·
membaca denah rumah siswa dan SD Assalaam
·
membuat peta dari rumah siswa ke SD Assalaam
·
membaca peta dari rumah siswa ke SD Assalaam
|
·
Menjelaskan manfaat denah dalam kehidupan
sehari-hari
·
Membuat denah SD Assalaam dilengkapi dengan
rencana penghijauan
·
Membuat denah rumah siswa dengan menentukan
arah mata angin
·
Membaca denah rumah siswa dan SD Assalaam
·
Membuat peta dari rumah siswa ke SD Assalaam
·
Membaca peta dari rumah siswa ke SD Assalaam
|
|
|
|
3. Bahasa
Indonesia
Mendengarkan
·
Memahami penjelasan tentang petunjuk dan
cerita anak yang dilisankan
Berbicara
·
Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman,
dan petunjuk dengan bercerita dan
memberikan tanggapan/ saran
Membaca
·
Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca
intensif dan membaca dongeng
Menulis
·
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi
dalam bentuk paragraf dan puisi
|
·
Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang
disampaikan secara lisan
·
Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang
disampaikan secara lisan
·
Menceritakan pengalaman yang mengesankan
dengan menggunakan kalimat yang
runtut dan mudah dipahami
·
Menjelaskan urutan membuat atau melakukan
sesuatu dengan kalimat yang runtut dan mudah dipahami
·
Membaca nyaring teks (20 – 25 kalimat) dengan
lafal dan intonasi yang tepat
·
Menceritakan isi dongeng yang dibaca
·
Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang
tersedia dengan memperhatikan
penggunaan ejaan
·
Melengkapi puisi anak berdasarkan gambar
|
·
Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan.
·
Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak.
·
Menceritakan pengalaman yang mengesankan.
·
Memberikan tanggapan dan saran sederhana.
·
Menjelaskan isi teks
|
·
mendengarkan petunjuk melakukan permainan
·
mencatat petunjuk tentang permainan
·
menceritakan pengalaman pribadi yang menyenangkan
·
menjelaskan urutan cara melakukan suatu permainan
·
membaca puisi dengan penghayatan
·
menyebutkan nama dan sifat tokoh dari
dongeng yang dibaca
·
menceritakan kembali isi dongeng dengan
kata-kata sendiri
·
memberi saran tentang sifat tokoh dari
dongeng yang dibacanya
·
melengkapi kalimat dengan kata yang tepat
·
menulis puisi karangan sendiri
·
melengkapi kalimat berdasarkan gambar dalam
puisi
|
·
Mendengarkan petunjuk melakukan permainan
·
Mencatat petunjuk tentang permainan
·
Menceritakan pengalaman pribadi yang
menyenangkan
·
Menjelaskan urutan cara melakukan suatu
permainan
·
Membaca puisi dengan penghayatan
·
Menyebutkan nama dan sifat tokoh dari dongeng
yang dibaca
·
Menceritakan kembali isi dongeng dengan
kata-kata sendiri
·
Memberi saran tentang sifat tokoh dari dongeng
yang dibacanya
·
Melengkapi kalimat dengan kata yang tepat
·
Menulis puisi karangan sendiri
·
Melengkapi kalimat berdasarkan gambar dalam
puisi
|
|
|
|
4. Matematika
·
Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka
|
·
Menentukan letak bilangan pada garis bilangan
·
Melakukan perkalian yang hasilnya bilangan tiga angka
dan pembagian bilangan tiga angka
·
Melakukan operasi hitung campuran
|
·
Garis bilangan
·
Penjumlahan dan pengurangan
·
Perkalian dan pembagian
·
Uang
·
Alat ukur
·
Hubungan antar satuan waktu, panjang dan berat
|
·
membilang secara urut
·
membandingkan
dua buah bilangan dengan simbol <, >, dan =
·
mengingat perkalian dan pembagian sampai dengan seratus
·
membuat tabel 10 x 10
·
menghitung perkalian dan pembagian oleh 2 dan 10 secara
cepat
|
·
Membilang secara urut
·
Membandingkan dua buah bilangan dengan simbol <,
>, dan =
·
Mengingat perkalian dan pembagian sampai dengan seratus
·
Membuat tabel 10 x 10
·
Menghitung perkalian dan pembagian oleh 2 dan 10 secara
cepat
|
|
|
|
5. IPA :
·
Memahami
ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi
perubahan pada makhluk hidup
·
Memahami
kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan, dan upaya menjaga
kesehatan lingkungan
·
Memahami
sifat-sifat, perubahan sifat benda dan kegunaannya dalam kehidupan
sehari-hari
|
·
Menggolongkan
makhluk hidup secara sederhana
·
Membedakan
ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat
·
Mendeskripsikan
perubahan sifat benda (ukuran, bentuk, warna, atau rasa) yang dapat diamati akibat dari
pembakaran, pemanasan dan
diletakkan di udara terbuka
|
·
Ciri-ciri
dan kebutuhan makhluk hidup dan tak hidup.
·
Perubahan
pada makhluk hidup
·
Sifat-sifat
benda
|
·
menggolongkan
tumbuhan berdasarkan bunganya
·
membedakan
kondisi lingkungan sehat dan tidak sehat melalui gambar
·
mendemonstrasikan
adanya perubahan sifat pada benda akibat pembakaran, pemanasan dan
diletakkan di tempat terbuka
·
membandingkan
benda sebelum dan sesudah mengalami
pembakaran, pemanasan, dan diletakkan di tempat terbuka
|
·
Menggolongkan
tumbuhan berdasarkan bunganya
·
Membedakan
kondisi lingkungan sehat dan tidak sehat melalui gambar
·
Mendemonstrasikan
adanya perubahan sifat pada benda akibat pembakaran, pemanasan dan diletakkan
di tempat terbuka
·
Membandingkan
benda sebelum dan sesudah mengalami pembakaran, pemanasan, dan diletakkan di
tempat terbuka
|
|
|
|
Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ),Tekun (
diligence ) ,Tanggung jawab ( responsibility ),Ketelitian ( carefulness),Kerja sama ( Cooperation ),Toleransi ( Tolerance
),Percaya diri ( Confidence ),Keberanian ( Bravery
)
|
|
|
|
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Kelas
....................... .......................
NIP :....................... NIP :.......................
SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK
SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 1
TEMA: KESEHATAN
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok dan Uraian Materi
|
Kegiatan
Belajar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/
Bahan/ Alat
|
1. PKN :
·
Mengamalkan makna Sumpah Pemuda
|
·
Mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam
kehidupan sehari-hari
|
·
Makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa
|
·
menyebutkan kegiatan pramuka yang
berupaya menggalang persatuan dan
kesatuan
|
·
Menyebutkan kegiatan pramuka yang berupaya menggalang persatuan dan kesatuan
|
Tertulis :
uraian
Pengamatan/perbuatan
|
2 minggu
|
·
Gambar
·
Buku yang relevan
·
Buku Erlangga
|
2. IPS :
·
Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama
di sekitar rumah dan sekolah
|
·
Memelihara lingkungan alam dan buatan di
sekitar rumah
|
·
Kerja sama di lingkungan rumah
|
·
melakukan perawatan lingkungan sekitar rumah
|
·
Melakukan perawatan lingkungan sekitar rumah
|
|
|
|
3. Bahasa
Indonesia
·
Mendengarkan
·
Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita
anak yang dilisankan
·
Berbicara
·
Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman,
dan petunjuk dengan bercerita dan
memberikan tanggapan/ saran
|
·
Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang
disampaikan secara lisan
·
Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang
disampaikan secara lisan
·
Memberikan tanggapan dan saran sederhana
terhadap suatu masalah dengan
menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan
kata yang tepat
·
Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang
tersedia dengan memperhatikan
penggunaan ejaan
|
·
Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan.
·
Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak.
·
Menceritakan pengalaman yang mengesankan.
·
Memberikan tanggapan dan saran sederhana.
·
Menjelaskan isi teks
|
·
mendengarkan petunjuk melakukan sesuatu
tentang kebersihan
·
menceritakan kembali cerita yang didengar
·
memberikan tanggapan dan alasan dari cerita yang dibacanya
·
membuat kalimat sesuai dengan gambar
·
menyusun karangan berdasarkan gambar
·
mengurutkan gambar seri menjadi sebuah paragraf
|
·
Mendengarkan petunjuk melakukan sesuatu
tentang kebersihan
·
Menceritakan kembali cerita yang didengar
·
Memberikan tanggapan dan alasan dari cerita
yang dibacanya
·
Membuat kalimat sesuai dengan gambar
·
Menyusun karangan berdasarkan gambar
·
Mengurutkan gambar seri menjadi sebuah paragraf
|
|
|
|
4. Matematika
·
Menggunakan
pengukuran waktu, panjang dan berat dalam memecahkan masalah
|
·
Menggunakan
alat ukur dalam pemecahan masalah
|
·
Garis bilangan
·
Penjumlahan dan pengurangan
·
Perkalian dan pembagian
·
Uang
·
Alat ukur
·
Hubungan antar satuan waktu, panjang dan berat
|
·
menggunakan meteran kain, meteran saku, penggaris untuk mengukur tinggi badan
·
menggunakan timbangan atau neraca untuk menimbang berat
badan
|
·
Menggunakan meteran kain, meteran saku, penggaris untuk
mengukur tinggi badan
·
Menggunakan timbangan atau neraca untuk menimbang
berat badan
|
|
|
|
·
5.
IPA :
·
Memahami
ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi
perubahan pada makhluk hidup
·
Memahami
kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan, dan upaya menjaga
kesehatan lingkungan
·
|
·
Menggolongkan
makhluk hidup secara sederhana
·
Mendeskripsikan
perubahan yang terjadi pada makhluk hidup
dan hal-hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak (makanan, kesehatan,
rekreasi, istirahat dan olah raga).
·
Mendeskripsikan
kondisi lingkungan yang berpengaruh
terhadap kesehatan
|
·
Ciri-ciri
dan kebutuhan makhluk hidup dan tak hidup.
·
Perubahan
pada makhluk hidup
·
Sifat-sifat
benda
|
·
menggolongkan
hewan berdasarkan penutup tubuhnya
·
menggolongkan
hewan berdasarkan cara bergeraknya
·
menggolongkan
hewan berdasarkan cara berkembang biaknya
·
menggolongkan
hewan berdasarkan cara bernafasnya
·
menyebutkan
faktor-faktor yang mempengaruhi
pertumbuhan dan perkembangan tubuh manusia
·
menjelaskan
pentingnya makanan bergizi seimbang untuk pertumbuhan
·
menjelaskan
pengaruh bahan makanan tambahan
(zat aditif) terhadap tubuh
·
menjelaskan
hubungan rekreasi, olah raga, istirahat dan
kesehatan
·
menyebutkan
macam-macam pencemaran lingkungan
·
mengidentifikasi
penyebab pencemaran tanah
·
mengidentifikasi
penyebab pencemaran air
·
mengidentifikasi
penyebab pencemaran udara
·
menyebutkan
akibat pencemaran lingkungan terhadap kesehatan
|
·
Menggolongkan
hewan berdasarkan tempat hidupnya
·
Menggolongkan
hewan berdasarkan jenis makanannya
·
Menggolongkan
hewan berdasarkan penutup tubuhnya
·
Menggolongkan
hewan berdasarkan cara bergeraknya
·
Menggolongkan
hewan berdasarkan cara berkembang biaknya
·
Menggolongkan
hewan berdasarkan cara bernafasnya
·
Menyebutkan
faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tubuh manusia
·
Menjelaskan
pentingnya makanan bergizi seimbang untuk pertumbuhan
·
Menjelaskan
pengaruh bahan makanan tambahan (zan aditif) terhadap tubuh
·
Menjelaskan
hubungan rekreasi, olah raga, istirahat dan kesehatan
·
Menyebutkan
macam-macam pencemaran lingkungan
·
Mengidentifikasi
penyebab pencemaran tanah
·
Mengidentifikasi
penyebab pencemaran air
·
Mengidentifikasi
penyebab pencemaran udara
·
Menyebutkan
akibat pencemaran lingkungan terhadap kesehatan
|
|
|
|
Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ),Tekun (
diligence ) ,Tanggung jawab ( responsibility ),Ketelitian ( carefulness),Kerja sama ( Cooperation ),Toleransi ( Tolerance
),Percaya diri ( Confidence ),Keberanian ( Bravery
)
|
|
|
|
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Kelas
....................... .......................
NIP :....................... NIP
:.......................
SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK
SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 2
TEMA: PERTANIAN
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok dan Uraian Materi
|
Kegiatan
Belajar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/
Bahan/ Alat
|
I. PKN
4. Memiliki kebanggaan sebagai
bangsa Indonesia
|
PKN
·
Mengenal
kekhasan bangsa Indonesia seperti kebhinekaan, kekayaan alam, keramahtamahan
|
·
kebanggaan
sebagai bangsa Indonesia
|
· mendeskripsikan letak geografis
Indonesia
· menyebutkan hasil hutan dan manfaatnya
· menyebutkan jenis-jenis hutan dan
tujuannya
· Siswa menyebutkan jenis-jenis bahan
tambang
· menyebutkan hasil laut
· menyebutkan manfaat sungai
·
menyebutkan
tanaman palawija yang bisa ditanam di Indonesia
|
·
Menyebutkan
kekayaan alam hasil hutan
·
Menyebutkan
manfaat sungai
·
Menyebutkan
tanaman palawija yang ditanam di Indonesia
·
Mengidentifikasi
hasil laut
|
Teknik Tes
o
Tes
dan non tes
Bentuk Tes
o
Lisan
:
o
Keberanian
menjawab dan menyampaikan pendapat
o
Ketepatan
menjawab
o
Keseriusan
dan konsentrasi dalam menyimak pertanyaan
o
Tertulis
:
o
Isian
o
Pilihan
Ganda
o
Uraian
o
Tes
perbuatan
o
Instrumen
Tes
o
LKS
o
Lembar
observasi
|
3 minggu
|
o
Buku Pendidikan Kewargaanegaraan
o Buku IPA
o Buku Matematika
o Buku Bahasa Indonesia
o Buku IPS
o Ensiklopedia
o Kamus Bahasa Indonesia
o Pedoman EYD
o Koran dan Majalah
o Media elektronik
|
II. IPS
2. Memahami
jenis pekerjaan dan penggunaan uang
|
IPS
·
Memahami
pentingnya semangat kerja
|
·
jenis
pekerjaan dan penggunaan uang
|
·
menjelaskan
pentingnya semangat kerja
·
menjelaskan
ciri-ciri orang yang memiliki semangat kerja
·
menjelaskan
alasan orang harus bekerja
|
· Menjelaskan alasan orang harus bekerja
· Menjelaskan pentingnya memiliki semangat
kerja
·
Menjelaskan
ciri-ciri orang yang memiliki semangat kerja
|
|||
III. IPA
4. Memahami
berbagai cara gerak benda, hubungannya dengan energi dan sumber
|
IPA
·
Mendeskripsikan
hasil pengamatan tentang pengaruh energi angin dapat diubah menjadi energi
gerak
·
Mengidentifikasi
sumber energi dan kegunaannya
·
Menerapkan
cara menghemat energi dalam kehidupan sehari-hari
|
·
cara
gerak benda, hubungannya dengan energi dan sumber
|
·
menyebutkan
pengertian angin
·
menunjukkan
adanya energi berdasarkan pengamatan
·
menebutkan
benda-benda yang dapat bergerak oleh angin
·
membuat
daftar sumber-sumber energi yang terdapat di sekitar kita
·
menjelaskan
tujuan penggunaan sumber energi
·
menjelaskan
angin untuk menggerakkan benda-benda
|
·
Menyebutkan
pengertian angin
·
Menunjukkan
pengertian angin
·
Menunjukkan
adanya energi berdasarkan pengamatan
·
Menyebutkan
benda-benda yang dapat bergerak oleh angin
·
Membuat
daftar sumber-sumber energi yang terdapat di sekitar kita
·
Menjelaskan
tujuan penggunaan sumber energi
·
Menjelaskan
angin untuk menggerakkan benda-benda
|
|
|
|
IV. Matematika
3.Memahami pecahan sederhana dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
|
Matematika
·
Mengenal
pecahan sederhana
|
·
pecahan sederhana
|
·
membuktikan
pecahan 1/2, 1/4
·
Siswa
dapt membuktikan pecahan 1/3, 1/6
·
menulis
lambang pecahan 1/2, 1/4
·
membilang
pecahan dengan lambang 1/2. 1/4
·
menulis
lambang pecahan 1/3, 1/6
· membaca lambang pecahan 1/3, 1/6
·
menyajikan
nilai pecahan dengan menggunakan
berbagai bentuk gambar
|
·
Membuktikan
pecahan-pecahan setengah, seperempat
·
Membuktikan
pecahan-pecahan sepertiga, seperenam
·
Menulis
lambang pecahan setengah, seperempat
·
Menulis
lambang pecahan sepertiga, seperenam
·
Membaca
bilangan pecahan setengah, seperempat
·
Membaca
lambang pecahan sepertiga, seperenam
·
Menyajikan
nilai pecahan dengan menggunakan berbagai bentuk gambar
|
|
|
|
V. Bahasa Indonesia
5. Memahami
cerita dan teks drama anak yang dilisankan
6.
Menguangka-pkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dengan
bertelepon dan cerita
7. Memahami
teks dengan membaca intensif (150 – 200 kata) dan membaca puisi
8. Mengungkap-kan
pikiran, perasaan dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi
|
Bahasa Indonesia
·
Memberikan
tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman taman yang didengarnya
·
Menirukan
dialog dengan eksperimen yang tepat dari pembacaan teks drama anak yang
didengarnya
·
Menceritakan
peristiwa yang pernah dialami, dilihat atau didengar
·
Menjawab
dan atau mengajukan pertanyaan tentang isi teks agak panjang (150 – 200 kata)
yang dibaca secara intensif.
·
Menulis
karangan sederhana berdasarkan gambar seri menggunakan pilihan kata dan
kalimat yangtepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital dan
tanda titik
|
·
|
·
mendengarkan
penjelasan tentang petunjuk melakukan sesuatu
·
melakukan
percakapan dari penggalan teks drama yang dibacakan teman
·
menceritakan
kembali bencana alam yang dilihat di televisi
·
menceritakan
kembali bencana alam yang dibacanya dari media cetak
·
membacakan
bacaan agak panjang secara intensif
·
membuat
karangan sendiri dengan bantuan gambar
·
menulis
kalimat berita
·
memilih
kalimat berita
·
menulis
pokok-pokok pikiran dalam bacaan
·
menyatakan
pendapat terhadap suatu pernyataan
|
·
Mendengarkan
pembacaan teks berisi petunjuk melakukan sesuatu
·
Melakukan
percakapan dari penggalan teks drama yang dibacakan teman
·
Menceritakan
kembali bencana alam yang dilihat di televisi
·
Menceritakan
kembali bencana alam yang dibacanya di media cetak
·
Membaca bacaan agak panjang secara intensif
·
Membuat
karangan dari pikiran sendiri dengan bantuan gambar
·
Menulis
kalimat berita
·
Memilih
kalimat berita
·
Menulis
pokok-pokok pikiran dalam bacaan
·
Menyatakan
pendapat terhadap suatu pernyataan
|
|
|
|
Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ),Tekun (
diligence ) ,Tanggung jawab ( responsibility ),Ketelitian ( carefulness),Kerja sama ( Cooperation ),Toleransi ( Tolerance
),Percaya diri ( Confidence ),Keberanian ( Bravery
)
|
|
|
|
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Kelas
....................... .......................
NIP :....................... NIP
:.......................
SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK
SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 2
TEMA: KEPERLUAN SEHARI – HARI
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok dan Uraian Materi
|
Kegiatan
Belajar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/
Bahan/ Alat
|
I. PKN
3. Memiliki harga diri sebagai
individu
|
PKN:
Mengenal
pentingnya harga diri
|
·
Kekayaan alam Indonesia
·
Harga diri
·
Kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
|
§
mengidentifikasi
harga diri
§
menjelaskan
kelebihan harga diri manusia dari makhluk lain
§
mengasumsikan
manusia sebagai makhluk Tuhan
§
memberi
alasan mengapa manusia penting memiliki harga diri
§
menyebutkan
cara menjaga harga diri dalam hidup bermasyarakat
|
§
Mengidentifikasi
harga diri
§
Menjelaskan
kelebihan harga diri manusia dari makhluk lain
§
Mengasumsikan
manusia sebagai makhluk Tuhan
§
Memberi
alasan mengapa manusia penting memiliki harga diri
§
Menyebutkan
cara menjaga harga diri dalam hidup bermasyarakat
|
Teknik Tes
o
Tes
dan non tes
Bentuk Tes
o
Lisan
:
o
Keberanian
menjawab dan menyampaikan pendapat
o
Ketepatan
menjawab
o
Keseriusan
dan konsentrasi dalam menyimak pertanyaan
o
Tertulis
:
o
Isian
o
Pilihan
Ganda
o
Uraian
o
Tes
perbuatan
o
Instrumen
Tes
o
LKS
o
Lembar
observasi
|
4 minggu
|
o
Buku Pendidikan Kewargaanegaraan
o Buku IPA
o Buku Matematika
o Buku Bahasa Indonesia
o Buku IPS
o Ensiklopedia
o Kamus Bahasa Indonesia
o Pedoman EYD
o Koran dan Majalah
o Media elektronik
|
II. IPS
2. Memahami
jenis pekerjaan dan penggunaan uang
|
IPS:
Mengenal jenis-jenis pekerjaan
|
·
Jenis-jenis pekerjaan
·
Semangat kerja
·
Jual beli
·
Uang
·
Pengelolaan uang
|
§
mengenal
jenis-jenis pekerjaan yang ada di lingkungan sekitar rumah
§
menyebutkan
jenis-jenis pekerjaan yang menghasilkan barang
§
Siaw
dapat menyebutkan jenis-jenis pekerjaan yang mengutamakan jasa
§
membuat
daftar pekerjaan orang tua kelas 3
§
menyebutkan
manfaat semangat kerja
|
§
Mengenal
jenis-jenis pekerjaan yang ada di lingkungan sekitar rumah
§
Menyebutkan
jenis-jenis pekerjaan yang menghasilkan barang
§
Menyebutkan
jenis-jenis pekerjaan yang mengutamakan jasa
§
Membuat
daftar pekerjaan orang tua kelas 3
§
Menyebutkan
manfaat semangat kerja
|
|||
III. IPA
4. Memahami
berbagai cara gerak benda, hubungannya dengan energi dan sumber
|
IPA:
Menyimpulkan
hasil pengamatan bahwa gerak benda dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran
|
· Energi
· Gerak benda
· Kenampakan
permukaan bumi
· Cuaca
· Pengaruh Cuaca
terhadap kehidupan
·
Kelestarikan dan pemeliharaan alam
|
§
mengidentifikasi
berbagai gerak benda melalui percobaan
§
mengidentifikasi
hal-hal yang mempengaruhi gerak benda
§
membuat
daftar kegunaan gerak benda dalam kehidupan sehari-hari
§
menerapkan
berbagai gerak benda untuk berbagai keperluan
§
menjelaskan
pentingnya menghemat energi
§
memberi
contoh cara menghemat energi di lingkungan rumah
§
menerapkan
cara menghemat energi di sekolah
§
menyebutkan
cara menghemat energi dalam kehidupan sehrai-hari
|
§
Mengidentifikasi
berbagai gerak benda melalui percobaan
§
Mengidentifikasi
hal-hal yang mempengaruhi gerak benda
§
Membuat
daftar kegunaan gerak benda dalam kehidupan sehari-hari
§
Menerapkan
berbagai gerak benda untuk berbagai keperluan
§
Menjelaskan
pentingnya menghemat energi
§
Memberi
contoh cara menghemat energi di lingkungan rumah
§
Menerapkan
cara menghemat energi di sekolah
§
Menyebutkan
cara menghemat energi dalam kehidupan sehrai-hari
|
|
|
|
IV. Matematika
3.Memahami pecahan sederhana dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
|
Matematika :
§
Mengenal
pecahan sederhana
|
·
Pecahan
·
Bangun datar
·
Sudur
·
Persegi dan persegi panjang
|
§
menyajikan
gambar dengan menuliskan pecahannya
§
membilang
pecahan dengan kata-kata
§
Siswa
menuliskan pecahan dengan lambang
§
Siswa
menuliskan pecahan dengan kata-kata
§
Siswa
membilang pecahan dengan lambang
§
Siswa
membandingkan dua buah pecahan
§
Siswa
menggunakan pembanding lebih atau tanda pembanding
§
Siswa
menggunakan pembanding kurang dari atau tanda pembanding
|
§
Menyajikan
gambar dengan menuliskan pecahannya
§
Membilang
pecahan dengan kata-kata
§
Menuliskan
pecahan dengan lambang
§
Menuliskan
pecahan dengan kata-kata
§
Membilang
pecahan dengan lambang
§
Membandingkan
dua buah pecahan
§
Menggunakan
pembanding lebih atau tanda pembanding
§
Menggunakan
pembanding kurang dari atau tanda pembanding
|
|
|
|
V. Bahasa Indonesia
5. Memahami
cerita dan teks drama anak yang dilisankan
6.
Menguangka-pkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dengan
bertelepon dan cerita
7. Memahami
teks dengan membaca intensif (150 – 200 kata) dan membaca puisi
8. Mengungkap-kan
pikiran, perasaan dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi
|
Bahasa
Indonesia :
§ Memberikan tanggapan sederhana tentang
cerita pengalaman taman yang didengarnya
§
Menirukan
dialog dengan eksperimen yang tepat dari pembacaan teks drama anak yang
didengarnya
§
Menceritakan
peristiwa yang pernah dialami, dilihat atau didengar
§
Menjawab
atau mengajukan pertanyaan tentang isi teks agak panjang (150 - 200 kata)
yang dibaca secara intensif.
§ Menulis karangan sederhana berdasarkan
gembar seri menggunakan pilihan kata dan kalimat yang tepat dengan
memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital dan tanda titik
|
·
Menanggapi cerita
·
Menirukan
dialog
·
Menceritakan
peristiwa
·
Percakapan
·
Menjawab
pertanyaan
·
Menulis
karangan
|
§
Siswa
menanggapi masalah yang terjadi di sekitar kita
§
Siswa
mendengarkan pembacaan cerita
§
Siswa
menanggapi secara lisan masalah yang kita dengar
§
Siswa
menirukan penggalan percakapan dari cerita yang dibaca
§
Siswa
memberikan pendapat / perasaan dari hal-hal yang didengar siswa
§
Siswa
menceritakan kembali peristiwa yang menyenangkan dan tidak menyenangkan
§
Siswa
menjelaskan secara terperinci suatu tempat
§
Siswa
menjelaskan urutan perjalanan menuju suatu tempat
§
Siswa
menjawab pertanyaan dari bacaan yang dibaca
§
Siswa
menggunakan tanda koma di depan bilangan persepuluh dan di antara rupiah dan
sen
§
Siswa
menggunakan tanda titik untuk memisahkan bilangan ribuan, jutaan atau
kelipatan yang menunjukkan jumlah
§
Siswa
mengajukan pertanyaan dari bacaan
§
Siswa
menjelaskan secara lisan dongeng yang dibaca dengan kata-kata sendiri
|
§
Menanggapi
masalah yang terjadi di sekitar kita
§
Mendengarkan
pembacaan cerita
§
Menanggapi
secara lisan masalah yang kita dengar
§
Menirukan
penggalan percakapan dari cerita yang dibaca
§
Memberikan
pendapat / perasaan dari hal-hal yang didengar siswa
§
Menceritakan
kembali peristiwa yang menyenangkan dan tidak menyenangkan
§
Menjelaskan
secara terperinci suatu tempat
§
Menjelaskan
urutan perjalanan menuju suatu tempat
§
Menjawab
pertanyaan dari bacaan yang dibaca
§
Menggunakan
tanda koma di depan bilangan persepuluh dan di antara rupiah dan sen
§
Menggunakan
tanda titik untuk memisahkan bilangan ribuan, jutaan atau kelipatan yang
menunjukkan jumlah
§
Mengajukan
pertanyaan dari bacaan
§
Menjelaskan
secara lisan dongeng yang dibaca dengan kata-kata sendiri
|
|
|
|
Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ),Tekun (
diligence ),Tanggung jawab ( responsibility ),Ketelitian ( carefulness),Kerja sama ( Cooperation ),Toleransi ( Tolerance
),Percaya diri ( Confidence ),Keberanian ( Bravery
)
|
|
|
|
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Kelas
....................... .......................
NIP :....................... NIP
:.......................
SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK
SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 2
TEMA: KERAJINAN TANGAN
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok dan Uraian Materi
|
Kegiatan
Belajar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/
Bahan/ Alat
|
I. PKN
3. Memiliki harga diri sebagai individu
|
IPS :
· Mengenal jenis-jenis pekerjaanj
· Memahami kegiatan jual bei di lingkungan
rumah dan sekolah
|
·
Kekayaan alam Indonesia
·
Harga diri
·
Kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
|
·
membuat kliping tentangjenis-jenis pekerjaan
baik menghasilkan barang/ jasa
· menjelaskan tujuan jual beli
· menyebutkan yang dimaksud penjual
|
· Membuat kliping tentang jenis-jenis
pekerjaan baik menghasilkan barang/ jasa
· Menjelaskan tujuan jual beli
·
Menyebutkan
yang dimaksud penjual
|
Teknik Tes
o
Tes
dan non tes
Bentuk Tes
o
Lisan
:
o
Keberanian
menjawab dan menyampaikan pendapat
o
Ketepatan
menjawab
o
Keseriusan
dan konsentrasi dalam menyimak pertanyaan
o
Tertulis
:
o
Isian
o
Pilihan
Ganda
o
Uraian
o
Tes
perbuatan
o
Instrumen
Tes
o
LKS
o
Lembar
observasi
|
3 minggu
|
o
Buku Pendidikan Kewargaanegaraan
o Buku IPA
o Buku Matematika
o Buku Bahasa Indonesia
o Buku IPS
o Ensiklopedia
o Kamus Bahasa Indonesia
o Pedoman EYD
o Koran dan Majalah
o Media elektronik
|
II. IPS
2. Memahami
jenis pekerjaan dan penggunaan uang
|
IPA :
· Membuat kincir angin untuk menunjukkan
bentuk energi angin dapat diubah menjadi energi gerak
|
·
Jenis-jenis pekerjaan
·
Semangat kerja
·
Jual beli
·
Uang
·
Pengelolaan uang
|
· membuat salah satu benda yang dapat
bergerak oleh angin
· menentukan rancangan yang akan dibuat
· menentukan alat dan bahan yang mudah
didapt dan mudah digunakan
· menentukan alat dan bahan yang mudah
didapat dan mudah digunakan
· menggunakan alat dan bahan secara tepat
· membuat model sesuai rancangan dengan
memperhatikan keindahan
· memodifikasi model-model yang dibuat
|
· Membuat salah satu benda yang dapat
bergerak oleh angin
· Menentukan rancangan yang akan dibuat
· Menentukan alat dan bahan yang mudah
didapat dan mudah digunakan
· Menentukan alat dan bahan yang mudah
didapat dan mudah digunakan
· Menggunakan alat dan bahan secara tepat
· Membuat model sesuai rancangan dengan
memperhatikan keindahan
·
Memodifikasi
model-model yang dibuat
|
|||
III. IPA
5. Menerapkan
konsep energi gerak
|
PKn :
· Memberi
contoh bentuk haraga diri, seperti menghargai diri sendiri, mengakui
kelabihan dan kekurangan diri sendiri dan lain-lain
|
· Energi
· Gerak benda
· Kenampakan
permukaan bumi
· Cuaca
· Pengaruh Cuaca
terhadap kehidupan
·
Kelestarikan dan pemeliharaan alam
|
· mengidentifikasikan perilaku yang
menceritakan harga diri
· menjelaskan cara agar dihargai orang
lain
· menjelaskan cara agar pendapat kita
didengar orang lain
· menjelaskan cara menyikapi teman yang
suka berbohong
|
· Mengidentifikasikan perilaku yang
menceritakan harga diri
· Menjelaskan cara agar dihargai orang
lain
· Menjelaskan cara agar pendapat kita
didengar orang lain
· Menjelaskan cara menyikapi teman yang
suka berbohong
|
|
|
|
IV. Matematika
3.Memahami pecahan sederhana dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
4. Memahami unsur dan sifat-sifat
bangun datar sederhana
|
Matematika :
·
Mengenal
pecahan sederhana
|
·
Pecahan
·
Bangun datar
·
Sudur
·
Persegi dan persegi panjang
|
· menyelesaikan soal cerita yang berkaitan
dengan pecahan
· menulis kalimat matematikanya
· menentukan sudut dari benda/ bangun
· menjelaskan sudut sebagai daerah yang
dibatasi oleh dua senar (garis berpotongan)
· mengurutkan besar sudut menurut ukuran
· membuat jenis sudut lancip, siku-siku
dan tumpul
|
· Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan
dengan pecahan
· Menulis kalimat matematikanya
· Menentukan sudut dari benda/ bangun
· Menjelaskan sudut sebagai daerah yang
dibatasi oleh dua senar (garis berpotongan)
· Mengurutkan besar sudut menurut ukuran
· Membuat jenis sudut lancip, siku-siku
dan tumpul
|
|
|
|
V. Bahasa Indonesia
5. Memahami
cerita dan teks drama anak yang dilisankan
6.
Menguangka-pkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dengan
bertelepon dan cerita
7. Memahami
teks dengan membaca intensif (150 – 200 kata) dan membaca puisi
8. Mengungkap-kan
pikiran, perasaan dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi
|
Bahasa
Indonesia :
· Memberikan tanggapan sederhana tentang
cerita pengalaman taman yang didengarnya
· Melakukan percakapan melalui telepon/
alat komunikasi sederhana dengan menggunakan kalimat ringkas
· Menjawab dan atau mengajukan pertanyaan
tentang isi teks agak panjang (150 – 200 kata) yang dibaca secara intensif.
· Menulis karangan sederhana berdasarkan
gambar seri menggunakan pilihan kata dan kalimat yangtepat dengan
memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital dan tanda titik
· Menulis puisi berdasarakan gambar dengan
pilihan kata yang menarik
|
·
Menanggapi cerita
·
Menirukan
dialog
·
Menceritakan
peristiwa
·
Percakapan
·
Menjawab
pertanyaan
·
Menulis
karangan
|
· mendengarkan bacaan yang berisi simbol
lalu lintas
· membuat percakapan melalui telepon
dengan teman
· melakukan bermain peran dengan alat
komunikasi telepon
· memperagakan percakapan melalui telepon
· menyimpulkan isi bacaan
· membaca contoh karangan
· membuat percakapan melalui telepon
· membuat kalimat berdasarkan gambar seri
· menyusun karangan berdasarkan gambar
seri
· menulis ringkasan dongeng anak-anak
· menentukan tema puisi berdasarakan
gamabar
|
· Mendengarkan bacaan yang berisi simbol
lalu lintas
· Membuat percakapan melalui telepon
dengan teman
· Melakukan bermain peran dengan alat
komunikasi telepon
· Memperagakan percakapan melalui telepon
· Menyimpulkan isi bacaan
· Membaca contoh karangan
· Membuat percakapan melalui telepon
· Membuat kalimat berdasarkan gambar seri
· Menyusun karangan berdasarkan gambar
seri
· Menulis ringkasan dongeng anak-anak
· Menentukan tema puisi berdasarakan
gamabar yang dibawakannya.
·
Membaca
teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat.
· Membaca dengan memperhatikan tempat jeda
pendek dan panjang.
· Membaca penggalan cerita dengan lafal
dan intonasi yang benar.
·
Membaca denag memberikan penekanan pada kata
tertentu sesuai dengan konteksnya.
· Menyalin kalimat secara benar dengan
menggunakan huruf lepas terlebih dahulu.
· Menulis kalimat secara benar dengan
menggunakan huruf tegak bersambung.
· Menuliskan kalimat yang didiktekan guru
dengan menggunakan huruf sambung.
|
|
|
|
Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ),Tekun (
diligence ),Tanggung jawab ( responsibility ),Ketelitian ( carefulness),Kerja sama ( Cooperation ),Toleransi ( Tolerance
),Percaya diri ( Confidence ),Keberanian ( Bravery
)
|
|
|
|