AYAH

Ayah Hebat Peduli Anak “Jika ayah memahami bahwa anaknya adalah masa depan umat, maka tidak ada ayah yang mengabaikan anaknya demi bisnisnya.” ungkap Ustadz Budi Ashari, Lc dalam Kajian Rabu Malam, Masjid Darussalam, Depok (16/4/2014). Pakar sejarah Islam ini mengingatkan para ayah bahwa anak-anak adalah hal yang paling mahal. Anak adalah mustaqbala ummah-masa depan ummat-. Di tangan merekalah peradaban Islam kelak. Jika hari ini kita masih kesulitan memilih pemimpin karena keterbatasan individu, maka para ayah harus mulai memikirkan bagaimana mencetak generasi pemimpin masa depan. Jangan sampai ayah terlalu sibuk di luar. Mencari nafkah memang tugas ayah, tapi itu bukan merupakan tugas satu-satunya. “Nabi adalah sosok yang paling sibuk, tapi masih sempat meluangkan waktu mengusap kepala setiap anak yang ditemuinya. Bahkan Nabi menyempatkan diri mendidik dan bermain dengan cucu-cucunya. Apakah kesibukan kita mengalahkan nabi sehingga tak sempat peduli dan memperhatikan anak-anak?” tanyanya tegas. Ayah dengan empat anak ini pun mengungkapkan bahwa Khalifah Umar bin Khattab yang terkenal tegas dan galak saja sangat dekat dengan anak-anak. Ini membuktikan bahwa seorang laki-laki yang telah menjadi ayah harus bisa menempatkan diri, kapan menjadi laki-laki yang tegas dan kuat, kapan menjadi sosok lembut kepada anak dan istrinya. Alumnus Universitas Madinah ini berkisah tentang kehebatan ayah Shalahuddin al Ayubi. Tidak mengherankan jika Shalahuddin menjadi orang besar di kemudian hari, pembebas Al Aqsha. Hal tersebut tidak lepas dari peran besar ayahnya yang menanamkan nilai dan keyakinan sejak kecil. Ketika Shalahuddin kecil bermain dengan anak-anak perempuan di jalan, ayahnya mengambilnya dari tengah mereka. Ia pun mengangkat tubuh Shalahuddin tinggi-tinggi ke udara. Ayah Shalahuddin berkata, “Dulu, saya menikah dengan ibumu bukan untuk melakukan seperti ini. Aku menikah dengan ibumu agar kelak kau yang membebaskan al Aqsha!” Shalahuddin dijatuhkan ke tanah, ia kesakitan. Ayahnya bertanya, apakah kamu sakit karena jatuh? Shalahuddin menjawab: Ayah menyakiti saya. Ayahnya bertanya lagi, “Mengapa kamu tidak teriak saja karena sakit?” Shalahuddin kecil pun menjawab,” Tidak layak seorang pembebas al Aqsha mengeluh kesakitan!” Setelah membahas pentingnya peran ayah bagi anak, pakar pendidikan Islam ini mengutip karya Dr. Adnan Baharist yang mengungkapkan bahwa Allah telah siapkan perangkat agar aqidah anak terjaga. Menurutnya, anak-anak di usia awal mengambil nilai, akhlaq, hanya dari orang tuanya. Allah menjadikan orang tua sebagai contoh terhebat bagi anaknya. “Di fase awal, anak-anak hanya percaya pada orang tuanya sehingga sulit digendong orang lain. Inilah perangkat yang Allah siapkan dalam rangka menjaga anak dari pengaruh luar. Masa kanak-kanak manusia lebih lama dibanding makhluk lain, agar cukup bagi orang tua menanam aqidah di diri anak.” tandasnya. (nu/PN)

Saturday, May 26, 2012

SILABUS TEMATIK KELAS III SD

  SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK

SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 1

TEMA: LINGKUNGAN


Standar
Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Kegiatan Belajar
Indikator  Pencapaian Kompetensi 
Penilaian
Alokasi  Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
1. PKN :
·     Mengamalkan makna Sumpah Pemuda

·     Mengamalkan makna satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa
·     Mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari- sehari
·     Makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa
·     mengklasifikasi dan membuat daftar tindakan yang dapat      mempersatukan bangsa
·     menyebutkan nama organisasi pemuda di nusantara
·     menyebutkan lima tokoh pemuda yang ikut Kongres Pemuda
·     mengidentifikasikan pengamalan nilai-nilai Sumpah Pemuda di       lingkungan rumah
·     Mengklasifikasi dan membuat daftar tindakan yang dapat mempersatukan bangsa
·     Menyebutkan nama organisasi pemuda di nusantara
·     Menyebutkan lima tokoh pemuda yang ikut Kongres Pemuda
·     Mengidentifikasikan pengamalan nilai-nilai Sumpah Pemuda di lingkungan rumah
Tertulis :
uraian
Pengamatan
/perbuatan
3 minggu
Gambar
Buku
yang relevan
2. IPS :
·     Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah
·     Menceritakan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan  sekolah
·     Membuat denah dan peta lingkungan rumah dan sekolah
·      
·     Kerja sama di lingkungan rumah
·     mengidentifikasikan kenampakan alam dan kenampakan                 buatan di lingkungan sekitar
·     menjelaskan manfaat kenampakan alam bagi kehidupan
·     menjelaskan manfaat kenampakan buatan bagi kehidupan
·     membuat denah rumah siswa dengan menentukan arah mata                            anginnya
·     Mengidentifikasikan kenampakan alam dan kenampakan buatan di lingkungan   sekitar
·     Menjelaskan manfaat kenampakan alam bagi kehidupan
·     Menjelaskan manfaat kenampakan buatan bagi kehidupan
·     Membuat denah rumah siswa dengan menentukan arah mata anginnya



3. Bahasa Indonesia
Mendengarkan
·     Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan
Berbicara
·     Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita  dan memberikan tanggapan/ saran

·     Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan
·     Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan
·     Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan     kalimat yang runtut dan mudah dipahami
·     Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan.
·     Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak.
·     Menceritakan pengalaman yang mengesankan.
·     Memberikan tanggapan dan saran sederhana.
·     Menjelaskan isi teks
·     menjelaskan petunjuk membuat alat pengukur debu
·     membuat pertanyaan tentang cara menggunakan
·     menyebutkan nama dan sifat tokoh dalam cerita binatang
·     memberikan tanggapan dan alasan tentang tokoh cerita binatang
·     menceritakan peristiwa alam melalui pengamatan gambar
·     Menjelaskan petunjuk membuat alat pengukur debu
·     Membuat pertanyaan tentang cara menggunakan
·     Menyebutkan nama dan sifat tokoh dalam cerita binatang
·     Memberikan tanggapan dan alasan tentang tokoh cerita binatang
·     Menceritakan peristiwa alam melalui pengamatan gambar



4. Matematika
·     Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka
·     Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka
·     Garis bilangan
·     Penjumlahan dan pengurangan
·     Perkalian dan pembagian
·     Uang
·     Alat ukur
·     Hubungan antar satuan waktu, panjang dan berat
·     menulis bilangan secara panjang (ribuan, ratusan, puluhan,                       satuan)
·     menentukan nilai tempat sampai dengan ribuan
·     melakukan operasi penjumlahan tanpa menyimpan
·     melakukan operasi penjumlahan dengan menyimpan
·     melakukan operasi pengurangan tanpa meminjam
·     melakukan operasi pengurangan dengan meminjam
·     Menulis bilangan secara panjang (ribuan, ratusan, puluhan, satuan)
·     Menentukan nilai tempat sampai dengan ribuan
·     Melakukan operasi penjumlahan tanpa menyimpan
·     Melakukan operasi penjumlahan dengan menyimpan
·     Melakukan operasi pengurangan tanpa meminjam
·     Melakukan operasi pengurangan dengan meminjam



5. IPA :
Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi
perubahan pada makhluk hidup
·     Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup
·     Mendeskripsikan perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dan hal-  hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak   (makanan, kesehatan, rekreasi, dan olah raga)
·     Ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup dan tak hidup.
·     Perubahan pada  makhluk hidup
·     Sifat-sifat benda
·     mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup
·     mengidentifikasi ciri-ciri makhluk tak hidup
·     menggolongkan tumbuhan berdasarkan bijinya
·     menggolongkan tumbuhan berdasarkan akarnya
·     menggolongkan tumbuhan berdasarkan batangnya
·     menggolongkan tumbuhan berdasarkan daunnya
·     menyebutkan ciri-ciri pertumbuhan hewan
·     menyebutkan ciri-ciri pertumbuhan tumbuhan
·     Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup
·     Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk tak hidup
·     Menggolongkan tumbuhan berdasarkan bijinya
·     Menggolongkan tumbuhan berdasarkan akarnya
·     Menggolongkan tumbuhan berdasarkan batangnya
·     Menggolongkan tumbuhan berdasarkan daunnya
·     Menyebutkan ciri-ciri pertumbuhan hewan
·     Menyebutkan ciri-ciri pertumbuhan tumbuhan



Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ),Tekun ( diligence ) ,Tanggung jawab ( responsibility ),Ketelitian ( carefulness),Kerja sama ( Cooperation ),Toleransi ( Tolerance ), Percaya diri ( Confidence ),Keberanian ( Bravery )




                                                                                                                                                                                                                                                                ............, ......................20 ...
              Mengetahui                                                                           
                Kepala Sekolah                                                                                  Guru Kelas




                .......................                                                                         .......................
                        NIP :.......................                                                    NIP :.......................


  SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK

SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 1

TEMA: PENGALAMAN


Standar
Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Kegiatan Belajar
Indikator  Pencapaian Kompetensi 
Penilaian
Alokasi  Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
1. PKN :
·     Mengamalkan makna Sumpah Pemuda
·     Mengenal makna Satu Nusa, Satu Bangsa, dan Satu Bahasa
·     Makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa
·     mendefinisikan arti Sumpah Pemuda
·     menjelaskan latar belakang terwujudnya Sumpah Pemuda
·     menjelaskan tujuan Kongres Pemuda I dan II
·     menjelaskan makna Sumpah Pemuda
·     menyebutkan manfaat persatuan dan kesatuan
·     Mendefinisikan arti Sumpah Pemuda
·     Menjelaskan latar belakang terwujudnya Sumpah Pemuda
·     Menjelaskan tujuan Kongres Pemuda I dan II
·     Menjelaskan makna Sumpah Pemuda
·     Menyebutkan manfaat persatuan dan kesatuan
Tertulis :
uraian
Pengamatan
/perbuatan
3 minggu
Gambar,
Buku
yang relevan,
Buku Erlangga

2. IPS :
·     Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah
·     Melakukan kerja sama di lingkungan rumah, sekolah, dan kelurahan/desa
·     Kerja sama di lingkungan rumah
·     menyebutkan bentuk-bentuk kerja sama di lingkungan     rumah
·     menjelaskan kerja sama (gotong royong) sebagai cirri  khas bangsa Indonesia
·     Menyebutkan bentuk-bentuk kerja sama di lingkungan rumah
·     Menjelaskan kerja sama (gotong royong) sebagai ciri khas bangsa             Indonesia



3. Bahasa Indonesia
·     Mendengarkan
·     Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan
·     Berbicara
·     Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita  dan memberikan tanggapan/ saran
·     Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan
·     Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan
·     Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan     kalimat yang runtut dan mudah dipahami
·     Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah   dengan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat
·     Menjelaskan isi teks (100 – 150 kata) melalui membaca intensif
·     Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan.
·     Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak.
·     Menceritakan pengalaman yang mengesankan.
·     Memberikan tanggapan dan saran sederhana.
·     Menjelaskan isi teks
·     mendengarkan penjelasan untuk menolong teman
·     menuliskan hal-hal penting yang didengar tentang    menolong teman
·     Siswa menceritakan pengalaman kebiasaan baik yang dilakukan        sehari-hari
·     melakukan percakapan tentang pengalaman
·     menanggapi cerita pengalaman teman
·     mengemukakan perasaan sesuai isi bacaan
·     membuat kesimpulan isi bacaan
·     mengemukakan pendapat tentang isi bacaan
·     Mendengarkan penjelasan untuk menolong teman
·     Menuliskan hal-hal penting yang didengar tentang menolong teman
·     Menceritakan pengalaman kebiasaan baik yang dilakukan sehari-hari
·     Melakukan percakapan tentang pengalaman
·     Menanggapi cerita pengalaman teman
·     Mengemukakan perasaan sesuai isi bacaan
·     Membuat kesimpulan isi bacaan
·     Mengemukakan pendapat tentang isi bacaan



4. Matematika
·     Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka
·     Menggunakan pengukuran waktu, panjang dan berat dalam memecahkan masalah
·     Menentukan letak bilangan pada garis bilangan
·     Melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga angka
·     Melakukan perkalian yang hasilnya bilangan tiga angka
·     Memecahkan masalah penghitungan termasuk yang berkaitan dengan uang
·     Memilih alat ukur sesuai dengan fungsinya (meteran, timbangan, atau jam)
·     Mengenal hubungan antarsatuan waktu, antarsatuan panjang, dan     antarsatuan berat
·     Garis bilangan
·     Penjumlahan dan pengurangan
·     Perkalian dan pembagian
·     Uang
·     Alat ukur
·     Hubungan antar satuan waktu, panjang dan berat
·     menaksirkan bilangan yang dibutuhkan letaknya pada                                  garis bilangan
·     memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan          penjumlahan dan pengurangan
·     memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan          perkalian dan pembagian
·     menyebutkan nilai mata uang rupiah dari yang terkecil sampai yang terbesar
·     menentukan kesetaraan nilai uang dengan berbagai     satuan uang lainnya
·     menaksir jumlah harga dari sekelompok barang yang bisa dibeli atau dijual sehari-hari
·     menyelesaikan soal cerita yang melibatkan nilai uang
·     menaksir panjang dan lebar suatu benda dengan meteran
·     menaksir berat suatu benda dengan alat timbangan/     neraca
·     menaksir lama kegiatan sehari-hari dengan alat ukur
·     menentukan satuan ukur dalam pemecahan masalah             sehari-hari
·     Menaksirkan bilangan yang dibutuhkan letaknya pada garis bilangan
·     Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan penjumlahan dan     pengurangan
·     Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan perkalian dan     pembagian
·     Menyebutkan nilai mata uang rupiah dari yang terkecil sampai yang terbesar
·     Menentukan kesetaraan nilai uang dengan berbagai satuan uang lainnya
·     Menaksir jumlah harga dari sekelompok barang yang bisa dibeli atau dijual sehari-hari
·     Menyelesaikan soal cerita yang melibatkan nilai uang
·     Menaksir panjang dan lebar suatu benda dengan meteran
·     Menaksir berat suatu benda dengan alat timbangan/ neraca
·     Menaksir lama kegiatan sehari-hari dengan alat ukur
·     Menentukan satuan ukur dalam pemecahan masalah sehari-hari



5. IPA :
·     Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup
·     Memahami sifat-sifat, perubahan sifat benda dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari
·     Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup
·     Mendeskripsikan perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dan hal-  hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak   (makanan, kesehatan, rekreasi, dan olah raga)
·     Mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan pengamatan melalui benda     padat, cair dan gas
·     Ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup dan tak hidup.
·     Perubahan pada  makhluk hidup
·     Sifat-sifat benda
·     membedakan antara makhluk hidup dan makhluk tak hidup berdasarkan pengmatan ciri-cirinya
·     mengidentifikasi perubahan tubuh pada manusia melalui    pengamatan gambar
·     menafsirkan perubahan manusia berdasarkan hasil pengukuran
·     menyebutkan sifat-sifat benda gas
·     menyebutkan sifat-sifat benda cair
·     menyebutkan sifat-sifat benda gas
·     Membedakan antara makhluk hidup dan makhluk tak hidup    berdasarkan pengmatan ciri-cirinya
·     Mengidentifikasi perubahan tubuh pada manusia melalui pengamatan gambar
·     Menafsirkan perubahan manusia berdasarkan hasil pengukuran
·     Menyebutkan sifat-sifat benda gas
·     Menyebutkan sifat-sifat benda cair
·     Menyebutkan sifat-sifat benda gas



Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ),Tekun ( diligence ) ,Tanggung jawab ( responsibility ),Ketelitian ( carefulness),Kerja sama ( Cooperation ),Toleransi ( Tolerance ),Percaya diri ( Confidence ),Keberanian ( Bravery )






                                                                                                                                    ............, ......................20 ...
              Mengetahui                                                                           
                Kepala Sekolah                                                                                  Guru Kelas




                .......................                                                                         .......................
                        NIP :.......................                                                    NIP :.......................


  SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK

SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 1

TEMA: KEGIATAN


Standar
Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Kegiatan Belajar
Indikator  Pencapaian Kompetensi 
Penilaian
Alokasi  Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
1. PKN :
·     Mengamalkan makna Sumpah Pemuda
·     Mengenal makna Satu Nusa, Satu Bangsa, dan Satu Bahasa
·     Mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari
·      
·     Makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa
·     membaca teks Sumpah Pemuda
·     Membaca teks Sumpah Pemuda
Tertulis :
uraian
Pengamatan
/perbuatan
2 minggu
Gambar,
Buku
yang relevan,
Buku Erlangga
2. IPS :
·     Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah
·     Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah
·     Melakukan kerja sama di lingkungan rumah, sekolah, dan kelurahan/     desa
·     Kerja sama di lingkungan rumah
·     memberi contoh memelihara lingkungan dengan cara yang baik
·     mempraktekkan cara memelihara lingkungan rumah
·     mencatat kegiatan Karang Taruna yang berupaya    menggalang persatuan dan kesatuan
·     membuat gambar yang menunjukkan kerja sama di lingkungan sekolah
·     Memberi contoh memelihara lingkungan dengan cara yang baik
·     Mempraktekkan cara memelihara lingkungan rumah Mencatat kegiatan     Karang Taruna yang berupaya menggalang persatuan dan kesatuan Membuat gambar yang menunjukkan kerja sama di lingkungan sekolah



3. Bahasa Indonesia
Mendengarkan
·     Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan
Berbicara
·     Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita  dan memberikan tanggapan/ saran
Membaca
·     Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca intensif dan membaca dongeng
Menulis
·     Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk paragraf dan puisi
·     Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara Lisan
·     Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah    dengan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat
·     Membaca nyaring teks (20 – 25 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat
·     Menjelaskan isi teks (100 – 150) melalui membaca intensif
·     Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan     memperhatikan penggunaan ejaan
·     Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan.
·     Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak.
·     Menceritakan pengalaman yang mengesankan.
·     Memberikan tanggapan dan saran sederhana.
·     Menjelaskan isi teks
·     Memberikan tanggapan dan saran melalui pengamatan     gambar
·     membaca bersuara dengan lafal dan intonasi yang tepat
·     menjawab pertanyaan bacaan
·     menggunakan huruf kapital dan tanda baca pada kalimat
·     menulis kalimat dengan menggunakan tanda hubung
·     menulis kalimat dengan menggunakan koma untuk  memisahkan rupiah, persepuluh,
·     menulis kalimat dengan menggunakan tanda
·     Mendengarkan penjelasan lomba
·     Menyusun percakapan melalui telepon
·     Memberikan tanggapan dan saran melalui pengamatan gambar
·     Membaca bersuara dengan lafal dan intonasi yang tepat
·     Menjawab pertanyaan bacaan
·     Menggunakan huruf kapital dan tanda baca pada kalimat
·     Menulis kalimat dengan menggunakan tanda hubung
·     Menulis kalimat dengan menggunakan koma untuk memisahkan rupiah, persepuluh, dan se
·     Menulis kalimat dengan menggunakan tanda seru
·     Menggunakan kata depan di- dan ke-



4. Matematika
·     Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka
·     Menggunakan pengukuran waktu, panjang dan berat dalam memecahkan masalah
·     Menentukan letak bilangan pada garis bingan
·     Melakukan perkalian yang hasilnya bilangan tiga angka dan     pembagian bilangan tiga angka
·     Melakukan operasi hitungan campuran
·     Memilih alat ukur sesuai dengan fungsinya (meteran, timbangan, atau                 jam)
·     Mengenal hubungan antarsatuan waktu, antarsatuan panjang, dan     antarsatuan berat
·     Garis bilangan
·     Penjumlahan dan pengurangan
·     Perkalian dan pembagian
·     Uang
·     Alat ukur
·     Hubungan antar satuan waktu, panjang dan berat
·     menentukan pola pada garis bilangan
·     mengubah bentuk perkalian menjadi pembagian
·     mengubah bentuk pembagian menjadi perkalian
·     membedakan bilangan ganjil dan genap berdasarkan hasil atau tidaknya apabila dibagi dua
·     menyebutkan jenis alat ukur sederhana
·     memilih alat ukur yang sesuai dengan benda yang diukur
·     membaca tanda waktu jam, setengah jam, seperempat jam pada jarum jam
·     membaca tanda waktu sampai lima menit pada jarum jam
·     menentukan hubungan antarsatuan waktu: menit, jam,  hari, minggu, bulan, dan tahun; dan antarsatuan berat : kg, ons, gram
·     Menentukan posisi pada garis bilangan
·     Menentukan pola pada garis bilangan
·     Mengubah bentuk perkalian menjadi pembagian
·     Mengubah bentuk pembagian menjadi perkalian
·     Membedakan bilangan ganjil dan genap berdasarkan hasil atau tidaknya apabila dibagi dua
·     Menyebutkan jenis alat ukur sederhana
·     Memilih alat ukur yang sesuai dengan benda yang diukur
·     Membaca tanda waktu jam, setengah jam, seperempat jam pada jarum jam
·     Membaca tanda waktu sampai lima menit pada jarum jam
·     Menentukan hubungan antarsatuan waktu: menit, jam, hari, minggu, bulan, dan tahun; dan antarsatuan berat : kg, ons, gram




5. IPA :
·     Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup
·     Memahami kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan, dan upaya menjaga kesehatan lingkungan
·     Memahami sifat-sifat, perubahan sifat benda dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari
·     Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana
·     Menjelaskan cara menjaga kesehatan lingkungan sekitar
·     Mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan pengamatan meliputi     benda padat, cair, dan gas
·     Ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup dan tak hidup.
·     Perubahan pada  makhluk hidup
·     Sifat-sifat benda
·     mempraktekkan cara memelihara tanaman
·     membuat kliping yang menunjukkan lingkungan sehat dan      tidak sehat
·     mengidentifikasi sifat-sifat khusus benda padat
·     mengidentifikasi sifat-sifat khusus benda cair
·     mengidentifikasi sifat-sifat khusus benda gas
·     Mempraktekkan cara memelihara tanaman
·     Membuat kliping yang menunjukkan lingkungan sehat dan tidak sehat
·     Mengidentifikasi sifat-sifat khusus benda padat
·     Mengidentifikasi sifat-sifat khusus benda cair
·     Mengidentifikasi sifat-sifat khusus benda gas



Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ),Tekun ( diligence ) ,Tanggung jawab ( responsibility ),Ketelitian ( carefulness),Kerja sama ( Cooperation ),Toleransi ( Tolerance ),Percaya diri ( Confidence ),Keberanian ( Bravery )






                                                                                                                                    ............, ......................20 ...
              Mengetahui                                                                           
                Kepala Sekolah                                                                                  Guru Kelas




                .......................                                                                         .......................
                        NIP :.......................                                                    NIP :.......................



  SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK

SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 1

TEMA: TEMPAT UMUM


Standar
Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Kegiatan Belajar
Indikator  Pencapaian Kompetensi 
Penilaian
Alokasi  Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
1. PKN :
·     Mengamalkan makna Sumpah Pemuda
·     Mengenal makna Satu Nusa, Satu Bangsa, dan Satu Bahasa
·     Mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari
·     Makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa
·     menyebutkan waktu dan tempat pertama kali Sumpah      Pemuda dibacakan
·     Menyebutkan tempat-tempat yang digunakan untuk     kegiatan  kepemudaan
·     Menyebutkan waktu dan tempat pertama kali Sumpah Pemuda dibacakan
·     Menyebutkan tempat-tempat yang digunakan untuk kegiatan kepemudaan

Tertulis :
uraian
Pengamatan/perbuatan
2 minggu
·     Gambar
·     Buku yang relevan
·     Buku Erlangga
2. IPS :
·     Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah
·     Menceritakan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan sekolah
·     Melakukan kerja sama di lingkungan rumah, sekolah, dan kelurahan/     desa
·     Kerja sama di lingkungan rumah
·     Menyebutkan tempat kenampakan alam
·     Siswa dapt Menyebutkan tempat kenampakan buatan
·     Mendata jumlah penduduk, kematian dan kelahiran di     kelurahan Balonggede
·     Menyebutkan tempat kenampakan alam
·     Menyebutkan tempat kenampakan buatan
·     Mendata jumlah penduduk, kematian dan kelahiran di kelurahan Balonggede



3. Bahasa Indonesia
Mendengarkan
·     Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan
Berbicara
·     Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita  dan memberikan tanggapan/ saran

·     Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan
·       - Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan
·         kalimat yang runtut dan mudah dipahami
·     Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan.
·     Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak.
·     Menceritakan pengalaman yang mengesankan.
·     Memberikan tanggapan dan saran sederhana.
·     Menjelaskan isi teks
·     menyebutkan tokoh-tokoh dalam drama
·     menuliskan nama-nama tokoh dalam drama
·     menjelaskan makna simbol
·     menjelaskan urutan kegiatan lomba melalui gambar
·     Menyebutkan tokoh-tokoh dalam drama
·     Menuliskan nama-nama tokoh dalam drama
·     Menjelaskan makna simbol
·     Menjelaskan urutan kegiatan lomba melalui gambar



4. Matematika
·     Menggunakan pengukuran waktu, panjang dan berat dalam memecahkan masalah
·     Melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga angka
·     Melakukan operasi hitungan campuran

·     Garis bilangan
·     Penjumlahan dan pengurangan
·     Perkalian dan pembagian
·     Uang
·     Alat ukur
·     Hubungan antar satuan waktu, panjang dan berat
·     mencatat jumlah siswa kelas 1 sampai dengan kelas 6   pada lembar tugas secara berkelompok
·     Siswa dapar menggunakan sifat operasi hitung pertukaran dan sifat     pengelompokan untuk mempermudah perhitungan perkalian dan                         pembagian
·     memecahkan masalah yang melibatkan perkalian dan     pembagian
·     Mencatat jumlah siswa kelas 1 sampai dengan kelas 6 pada lembar tugas secara berkelompok
·     Menggunakan sifat operasi hitung pertukaran dan sifat pengelompokan untuk mempermudah perhitungan perkalian dan pembagian
·     Memecahkan masalah yang melibatkan perkalian dan pembagian



5. IPA :
·     Memahami kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan, dan upaya menjaga kesehatan lingkungan
·     Memahami sifat-sifat, perubahan sifat benda dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari
·     Menjelaskan cara menjaga kesehatan lingkungan sekitar
·     Mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan pengamatan meliputi     benda padat, cair, dan gas
·     Menjelaskan kegunaan benda plastik, kayu, dan kertas
·     Ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup dan tak hidup.
·     Perubahan pada  makhluk hidup
·     Sifat-sifat benda
·     memberi contoh benda padat
·      menuliskan contoh benda cair
·     menyebutkan contoh benda gas
·     mengidentifikasi benda-benda di lingkungan sekolah
·     menyebutkan benda-benda yang terbuat dari plastik dan     kegunaannya
·     menyebutkan benda-benda yang terbuat dari kayu dan     kegunaannya
·     menyebutkan benda-benda yang terbuat dari kertas dan     kegunaannya
·     Melakukan kegiatan untuk memelihara kesehatan lingkungan sekolah
·     Mengklasifikasi benda-benda di lingkungan sekolah
·     Memberi contoh benda padat
·     Menuliskan contoh benda cair
·     Menyebutkan contoh benda gas
·     Mengidentifikasi benda-benda di lingkungan sekolah
·     Menyebutkan benda-benda yang terbuat dari plastik dan kegunaannya
·     Menyebutkan benda-benda yang terbuat dari kayu dan kegunaannya
·     Menyebutkan benda-benda yang terbuat dari kertas dan kegunaannya



Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ),Tekun ( diligence ) ,Tanggung jawab ( responsibility ),Ketelitian ( carefulness),Kerja sama ( Cooperation ),Toleransi ( Tolerance ),Percaya diri ( Confidence ),Keberanian ( Bravery )



                                                                                                                                    ............, ......................20 ...
              Mengetahui                                                                           
                Kepala Sekolah                                                                                  Guru Kelas

                .......................                                                                         .......................
                        NIP :.......................                                                    NIP :.......................

SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK

SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 1

TEMA: HIBURAN


Standar
Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Kegiatan Belajar
Indikator  Pencapaian Kompetensi 
Penilaian
Alokasi  Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
1. PKN :
·     Mengamalkan makna Sumpah Pemuda
·     Mengenal makna Satu Nusa, Satu Bangsa, dan Satu Bahasa
·     Mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari
·     Makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa
·     menulis isi teks Sumpah Pemuda
·     menyanyikan lagu Satu Nusa Satu Bangsa
·     mendiskusikan cara kita mengamalkan satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa
·     Menulis isi teks Sumpah Pemuda
·     Menyanyikan lagu Satu Nusa Satu Bangsa
·     Mendiskusikan cara kita mengamalkan satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa
Tertulis :
uraian
Pengamatan/perbuatan
2 minggu
·     Gambar
·     Buku yang relevan
·     Buku erlangga
2. IPS :
·     Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah
·     Membuat denah dan peta lingkungan rumah dan sekolah
·     Kerja sama di lingkungan rumah
·     menjelaskan manfaat denah dalam kehidupan sehari-hari
·     membuat denah SD Assalaam dilengkapi dengan      rencana penghijauan
·     Siswa  dapat membuat denah rumah siswa dengan     menentukan arah mata angin
·     membaca denah rumah siswa dan SD Assalaam
·     membuat peta dari rumah siswa ke SD Assalaam
·     membaca peta dari rumah siswa ke SD Assalaam
·     Menjelaskan manfaat denah dalam kehidupan sehari-hari
·     Membuat denah SD Assalaam dilengkapi dengan rencana penghijauan
·     Membuat denah rumah siswa dengan menentukan arah mata  angin
·     Membaca denah rumah siswa dan SD Assalaam
·     Membuat peta dari rumah siswa ke SD Assalaam
·     Membaca peta dari rumah siswa ke SD Assalaam



3. Bahasa Indonesia
Mendengarkan
·     Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan
Berbicara
·     Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita  dan memberikan tanggapan/ saran
Membaca
·     Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca intensif dan membaca dongeng
Menulis
·     Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk paragraf dan puisi
·     Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan
·     Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan
·     Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan     kalimat yang runtut dan mudah dipahami
·     Menjelaskan urutan membuat atau melakukan sesuatu dengan kalimat yang runtut dan mudah dipahami
·     Membaca nyaring teks (20 – 25 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat
·     Menceritakan isi dongeng yang dibaca
·     Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan     memperhatikan penggunaan ejaan
·     Melengkapi puisi anak berdasarkan gambar
·     Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan.
·     Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak.
·     Menceritakan pengalaman yang mengesankan.
·     Memberikan tanggapan dan saran sederhana.
·     Menjelaskan isi teks
·     mendengarkan petunjuk melakukan permainan
·     mencatat petunjuk tentang permainan
·     menceritakan pengalaman pribadi yang                menyenangkan
·     menjelaskan urutan cara melakukan suatu    permainan
·     membaca puisi dengan penghayatan
·     menyebutkan nama dan sifat tokoh dari dongeng  yang dibaca
·     menceritakan kembali isi dongeng dengan kata-kata sendiri
·     memberi saran tentang sifat tokoh dari dongeng    yang dibacanya
·     melengkapi kalimat dengan kata yang tepat
·     menulis puisi karangan sendiri
·     melengkapi kalimat berdasarkan gambar dalam puisi
·     Mendengarkan petunjuk melakukan permainan
·     Mencatat petunjuk tentang permainan
·     Menceritakan pengalaman pribadi yang menyenangkan
·     Menjelaskan urutan cara melakukan suatu permainan
·     Membaca puisi dengan penghayatan
·     Menyebutkan nama dan sifat tokoh dari dongeng yang dibaca
·     Menceritakan kembali isi dongeng dengan kata-kata sendiri
·     Memberi saran tentang sifat tokoh dari dongeng yang    dibacanya
·     Melengkapi kalimat dengan kata yang tepat
·     Menulis puisi karangan sendiri
·     Melengkapi kalimat berdasarkan gambar dalam puisi



4. Matematika
·     Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka
·     Menentukan letak bilangan pada garis bilangan
·     Melakukan perkalian yang hasilnya bilangan tiga angka dan     pembagian bilangan tiga angka
·     Melakukan operasi hitung campuran
·     Garis bilangan
·     Penjumlahan dan pengurangan
·     Perkalian dan pembagian
·     Uang
·     Alat ukur
·     Hubungan antar satuan waktu, panjang dan berat
·     membilang secara urut
·     membandingkan       dua buah bilangan dengan simbol <, >, dan =
·     mengingat perkalian dan pembagian sampai dengan seratus
·     membuat tabel 10 x 10
·     menghitung perkalian dan pembagian oleh 2 dan 10 secara cepat
·     Membilang secara urut
·     Membandingkan dua buah bilangan dengan simbol <, >, dan =
·     Mengingat perkalian dan pembagian sampai dengan seratus
·     Membuat tabel 10 x 10
·     Menghitung perkalian dan pembagian oleh 2 dan 10 secara cepat



5. IPA :
·     Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup
·     Memahami kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan, dan upaya menjaga kesehatan lingkungan
·     Memahami sifat-sifat, perubahan sifat benda dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari
·     Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana
·     Membedakan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat
·     Mendeskripsikan perubahan sifat benda (ukuran, bentuk, warna, atau     rasa) yang dapat diamati akibat dari pembakaran, pemanasan dan     diletakkan di udara terbuka
·     Ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup dan tak hidup.
·     Perubahan pada  makhluk hidup
·     Sifat-sifat benda
·     menggolongkan tumbuhan berdasarkan bunganya
·     membedakan kondisi lingkungan sehat dan tidak sehat melalui gambar
·     mendemonstrasikan adanya perubahan sifat pada       benda akibat pembakaran, pemanasan dan diletakkan di               tempat terbuka
·     membandingkan benda sebelum dan sesudah     mengalami pembakaran, pemanasan, dan diletakkan di tempat     terbuka
·     Menggolongkan tumbuhan berdasarkan bunganya
·     Membedakan kondisi lingkungan sehat dan tidak sehat melalui gambar
·     Mendemonstrasikan adanya perubahan sifat pada benda akibat pembakaran, pemanasan dan diletakkan di tempat terbuka
·     Membandingkan benda sebelum dan sesudah mengalami pembakaran, pemanasan, dan diletakkan di tempat terbuka



Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ),Tekun ( diligence ) ,Tanggung jawab ( responsibility ),Ketelitian ( carefulness),Kerja sama ( Cooperation ),Toleransi ( Tolerance ),Percaya diri ( Confidence ),Keberanian ( Bravery )




............, ......................20 ...
              Mengetahui                                                                           
                Kepala Sekolah                                                                                  Guru Kelas




                .......................                                                                         .......................
                        NIP :.......................                                                    NIP :.......................

SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK

SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 1

TEMA: KESEHATAN


Standar
Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Kegiatan Belajar
Indikator  Pencapaian Kompetensi 
Penilaian
Alokasi  Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
1. PKN :
·     Mengamalkan makna Sumpah Pemuda
·     Mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari
·     Makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa
·     menyebutkan kegiatan pramuka yang berupaya    menggalang persatuan dan kesatuan
·     Menyebutkan kegiatan pramuka yang berupaya             menggalang persatuan dan kesatuan
Tertulis :
uraian
Pengamatan/perbuatan
2 minggu
·     Gambar
·     Buku yang relevan
·     Buku Erlangga
2. IPS :
·     Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah
·     Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah
·     Kerja sama di lingkungan rumah
·     melakukan perawatan lingkungan sekitar rumah
·     Melakukan perawatan lingkungan sekitar rumah



3. Bahasa Indonesia
·     Mendengarkan
·     Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan
·     Berbicara
·     Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita  dan memberikan tanggapan/ saran
·     Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan     secara lisan
·     Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan     secara lisan
·     Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu   masalah dengan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan   kata yang tepat
·     Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan   memperhatikan penggunaan ejaan
·     Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan.
·     Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak.
·     Menceritakan pengalaman yang mengesankan.
·     Memberikan tanggapan dan saran sederhana.
·     Menjelaskan isi teks
·     mendengarkan petunjuk melakukan sesuatu tentang kebersihan
·     menceritakan kembali cerita yang didengar
·     memberikan tanggapan dan alasan dari cerita                                                     yang dibacanya
·     membuat kalimat sesuai dengan gambar
·     menyusun karangan berdasarkan gambar
·     mengurutkan gambar seri menjadi sebuah     paragraf
·     Mendengarkan petunjuk melakukan sesuatu tentang    kebersihan
·     Menceritakan kembali cerita yang didengar
·     Memberikan tanggapan dan alasan dari cerita yang dibacanya
·     Membuat kalimat sesuai dengan gambar
·     Menyusun karangan berdasarkan gambar
·     Mengurutkan gambar seri menjadi sebuah paragraf



4. Matematika
·     Menggunakan pengukuran waktu, panjang dan berat dalam memecahkan masalah
·     Menggunakan alat ukur dalam pemecahan masalah
·     Garis bilangan
·     Penjumlahan dan pengurangan
·     Perkalian dan pembagian
·     Uang
·     Alat ukur
·     Hubungan antar satuan waktu, panjang dan berat
·     menggunakan meteran kain, meteran saku,     penggaris untuk mengukur tinggi badan
·     menggunakan timbangan atau neraca untuk menimbang berat badan
·     Menggunakan meteran kain, meteran saku, penggaris untuk mengukur tinggi badan
·     Menggunakan timbangan atau neraca untuk menimbang berat  badan



·     5. IPA :
·     Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup
·     Memahami kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan, dan upaya menjaga kesehatan lingkungan
·      
·     Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana
·     Mendeskripsikan perubahan yang terjadi pada makhluk hidup     dan hal-hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan     perkembangan anak (makanan, kesehatan, rekreasi, istirahat    dan olah raga).
·     Mendeskripsikan kondisi lingkungan yang berpengaruh     terhadap kesehatan
·     Ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup dan tak hidup.
·     Perubahan pada  makhluk hidup
·     Sifat-sifat benda
·     menggolongkan hewan berdasarkan penutup tubuhnya
·     menggolongkan hewan berdasarkan cara         bergeraknya
·     menggolongkan hewan berdasarkan cara berkembang biaknya
·     menggolongkan hewan berdasarkan cara bernafasnya
·     menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi     pertumbuhan dan perkembangan tubuh manusia
·     menjelaskan pentingnya makanan bergizi seimbang untuk pertumbuhan
·     menjelaskan pengaruh bahan makanan tambahan     (zat aditif) terhadap tubuh
·     menjelaskan hubungan rekreasi, olah raga, istirahat dan  kesehatan
·     menyebutkan macam-macam pencemaran   lingkungan
·     mengidentifikasi penyebab pencemaran tanah
·     mengidentifikasi penyebab pencemaran air
·     mengidentifikasi penyebab pencemaran udara
·     menyebutkan akibat pencemaran lingkungan      terhadap kesehatan
·     Menggolongkan hewan berdasarkan tempat hidupnya
·     Menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya
·     Menggolongkan hewan berdasarkan penutup tubuhnya
·     Menggolongkan hewan berdasarkan cara bergeraknya
·     Menggolongkan hewan berdasarkan cara berkembang biaknya
·     Menggolongkan hewan berdasarkan cara bernafasnya
·     Menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tubuh manusia
·     Menjelaskan pentingnya makanan bergizi seimbang untuk pertumbuhan
·     Menjelaskan pengaruh bahan makanan tambahan (zan aditif) terhadap tubuh
·     Menjelaskan hubungan rekreasi, olah raga, istirahat dan kesehatan
·     Menyebutkan macam-macam pencemaran lingkungan
·     Mengidentifikasi penyebab pencemaran tanah
·     Mengidentifikasi penyebab pencemaran air
·     Mengidentifikasi penyebab pencemaran udara
·     Menyebutkan akibat pencemaran lingkungan terhadap kesehatan



Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ),Tekun ( diligence ) ,Tanggung jawab ( responsibility ),Ketelitian ( carefulness),Kerja sama ( Cooperation ),Toleransi ( Tolerance ),Percaya diri ( Confidence ),Keberanian ( Bravery )




                                                                                                                                    ............, ......................20 ...
              Mengetahui                                                                           
                Kepala Sekolah                                                                                  Guru Kelas




                .......................                                                                         .......................
                        NIP :.......................                                                    NIP :.......................


SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK

SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 2

TEMA: PERTANIAN

Standar
Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Kegiatan Belajar
Indikator  Pencapaian Kompetensi 
Penilaian
Alokasi  Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
I. PKN
4.  Memiliki kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
PKN
·         Mengenal kekhasan bangsa Indonesia seperti kebhinekaan, kekayaan alam, keramahtamahan
·     kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
·       mendeskripsikan letak geografis Indonesia
·       menyebutkan hasil hutan dan manfaatnya
·       menyebutkan jenis-jenis hutan dan tujuannya
·       Siswa menyebutkan jenis-jenis bahan tambang
·       menyebutkan hasil laut
·       menyebutkan manfaat sungai
·         menyebutkan tanaman palawija yang bisa ditanam di Indonesia
·         Menyebutkan kekayaan alam hasil hutan
·         Menyebutkan manfaat sungai
·         Menyebutkan tanaman palawija yang ditanam di Indonesia
·         Mengidentifikasi hasil laut
Teknik Tes
o   Tes dan non tes
Bentuk Tes
o   Lisan :
o   Keberanian menjawab dan menyampaikan pendapat
o   Ketepatan menjawab
o   Keseriusan dan konsentrasi dalam menyimak pertanyaan
o   Tertulis :
o   Isian
o   Pilihan Ganda
o   Uraian
o   Tes perbuatan
o   Instrumen Tes
o    LKS
o   Lembar observasi

3 minggu
o  Buku Pendidikan Kewargaanegaraan
o  Buku IPA
o  Buku Matematika
o  Buku Bahasa Indonesia
o  Buku IPS
o  Ensiklopedia
o  Kamus Bahasa Indonesia
o  Pedoman EYD
o  Koran dan Majalah
o  Media elektronik
II.  IPS
2.   Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang

IPS

·         Memahami pentingnya semangat kerja
·     jenis pekerjaan dan penggunaan uang
·         menjelaskan pentingnya semangat kerja
·         menjelaskan ciri-ciri orang yang memiliki semangat kerja
·         menjelaskan alasan orang harus bekerja
·       Menjelaskan alasan orang harus bekerja
·       Menjelaskan pentingnya memiliki semangat kerja
·         Menjelaskan ciri-ciri orang yang memiliki semangat kerja
III. IPA
4.   Memahami berbagai cara gerak benda, hubungannya dengan energi dan sumber

IPA

·         Mendeskripsikan hasil pengamatan tentang pengaruh energi angin dapat diubah menjadi energi gerak
·         Mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya
·         Menerapkan cara menghemat energi dalam kehidupan sehari-hari
·     cara gerak benda, hubungannya dengan energi dan sumber
·         menyebutkan pengertian angin
·         menunjukkan adanya energi berdasarkan pengamatan
·         menebutkan benda-benda yang dapat bergerak oleh angin
·         membuat daftar sumber-sumber energi yang terdapat di sekitar kita
·         menjelaskan tujuan penggunaan sumber energi
·         menjelaskan angin untuk menggerakkan benda-benda
·         Menyebutkan pengertian angin
·         Menunjukkan pengertian angin
·         Menunjukkan adanya energi berdasarkan pengamatan
·         Menyebutkan benda-benda yang dapat bergerak oleh angin
·         Membuat daftar sumber-sumber energi yang terdapat di sekitar kita
·         Menjelaskan tujuan penggunaan sumber energi
·         Menjelaskan angin untuk menggerakkan benda-benda



IV. Matematika
3.Memahami pecahan sederhana dan penggunaannya dalam pemecahan masalah

Matematika

·         Mengenal pecahan sederhana
·     pecahan sederhana
·         membuktikan pecahan 1/2, 1/4
·         Siswa dapt membuktikan pecahan 1/3, 1/6
·         menulis lambang pecahan 1/2, 1/4
·         membilang pecahan dengan lambang 1/2. 1/4
·         menulis lambang pecahan 1/3, 1/6
·       membaca lambang pecahan 1/3, 1/6
·         menyajikan nilai pecahan  dengan menggunakan berbagai bentuk gambar
·         Membuktikan pecahan-pecahan setengah, seperempat
·         Membuktikan pecahan-pecahan sepertiga, seperenam
·         Menulis lambang pecahan setengah, seperempat
·         Menulis lambang pecahan sepertiga, seperenam
·         Membaca bilangan pecahan setengah, seperempat
·         Membaca lambang pecahan sepertiga, seperenam
·         Menyajikan nilai pecahan dengan menggunakan berbagai bentuk gambar



V.  Bahasa Indonesia
5.   Memahami cerita dan teks drama anak yang dilisankan
6.   Menguangka-pkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dengan bertelepon dan cerita
7.   Memahami teks dengan membaca intensif (150 – 200 kata) dan membaca puisi
8.      Mengungkap-kan pikiran, perasaan dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi
Bahasa Indonesia
·         Memberikan tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman taman yang didengarnya
·         Menirukan dialog dengan eksperimen yang tepat dari pembacaan teks drama anak yang didengarnya
·         Menceritakan peristiwa yang pernah dialami, dilihat atau didengar
·         Menjawab dan atau mengajukan pertanyaan tentang isi teks agak panjang (150 – 200 kata) yang dibaca secara intensif.
·         Menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri menggunakan pilihan kata dan kalimat yangtepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital dan tanda titik
·      
·         mendengarkan penjelasan tentang petunjuk melakukan sesuatu
·         melakukan percakapan dari penggalan teks drama yang dibacakan teman
·         menceritakan kembali bencana alam yang dilihat di televisi
·         menceritakan kembali bencana alam yang dibacanya dari media cetak
·         membacakan bacaan agak panjang secara intensif
·         membuat karangan sendiri dengan bantuan gambar
·         menulis kalimat berita
·         memilih kalimat berita
·         menulis pokok-pokok pikiran dalam bacaan
·         menyatakan pendapat terhadap suatu pernyataan
·         Mendengarkan pembacaan teks berisi petunjuk melakukan sesuatu
·         Melakukan percakapan dari penggalan teks drama yang dibacakan teman
·         Menceritakan kembali bencana alam yang dilihat di televisi
·         Menceritakan kembali bencana alam yang dibacanya di media cetak
·         Membaca bacaan agak panjang secara intensif
·         Membuat karangan dari pikiran sendiri dengan bantuan gambar
·         Menulis kalimat berita
·         Memilih kalimat berita
·         Menulis pokok-pokok pikiran dalam bacaan
·         Menyatakan pendapat terhadap suatu pernyataan



Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ),Tekun ( diligence ) ,Tanggung jawab ( responsibility ),Ketelitian ( carefulness),Kerja sama ( Cooperation ),Toleransi ( Tolerance ),Percaya diri ( Confidence ),Keberanian ( Bravery )





                                                                                                                                    ............, ......................20 ...
              Mengetahui                                                                           
                Kepala Sekolah                                                                                  Guru Kelas



                .......................                                                                         .......................
                        NIP :.......................                                                    NIP :.......................

SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK

SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 2

TEMA: KEPERLUAN SEHARI – HARI

Standar
Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Kegiatan Belajar
Indikator  Pencapaian Kompetensi 
Penilaian
Alokasi  Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
I. PKN
3.  Memiliki harga diri sebagai individu
PKN:
Mengenal pentingnya harga diri
·     Kekayaan alam Indonesia
·     Harga diri
·     Kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
§  mengidentifikasi harga diri
§  menjelaskan kelebihan harga diri manusia dari makhluk lain
§  mengasumsikan manusia sebagai makhluk Tuhan
§  memberi alasan mengapa manusia penting memiliki harga diri
§  menyebutkan cara menjaga harga diri dalam hidup bermasyarakat
§  Mengidentifikasi harga diri
§  Menjelaskan kelebihan harga diri manusia dari makhluk lain
§  Mengasumsikan manusia sebagai makhluk Tuhan
§  Memberi alasan mengapa manusia penting memiliki harga diri
§  Menyebutkan cara menjaga harga diri dalam hidup bermasyarakat
Teknik Tes
o   Tes dan non tes
Bentuk Tes
o   Lisan :
o   Keberanian menjawab dan menyampaikan pendapat
o   Ketepatan menjawab
o   Keseriusan dan konsentrasi dalam menyimak pertanyaan
o   Tertulis :
o   Isian
o   Pilihan Ganda
o   Uraian
o   Tes perbuatan
o   Instrumen Tes
o    LKS
o   Lembar observasi

4 minggu
o  Buku Pendidikan Kewargaanegaraan
o  Buku IPA
o  Buku Matematika
o  Buku Bahasa Indonesia
o  Buku IPS
o  Ensiklopedia
o  Kamus Bahasa Indonesia
o  Pedoman EYD
o  Koran dan Majalah
o  Media elektronik
II.  IPS
2.   Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang

IPS:
Mengenal jenis-jenis pekerjaan
·     Jenis-jenis pekerjaan
·     Semangat kerja
·     Jual beli
·     Uang
·     Pengelolaan uang
§  mengenal jenis-jenis pekerjaan yang ada di lingkungan sekitar rumah
§  menyebutkan jenis-jenis pekerjaan yang menghasilkan barang
§  Siaw dapat menyebutkan jenis-jenis pekerjaan yang mengutamakan jasa
§  membuat daftar pekerjaan orang tua kelas 3
§  menyebutkan manfaat semangat kerja
§  Mengenal jenis-jenis pekerjaan yang ada di lingkungan sekitar rumah
§  Menyebutkan jenis-jenis pekerjaan yang menghasilkan barang
§  Menyebutkan jenis-jenis pekerjaan yang mengutamakan jasa
§  Membuat daftar pekerjaan orang tua kelas 3
§  Menyebutkan manfaat semangat kerja
III. IPA
4.   Memahami berbagai cara gerak benda, hubungannya dengan energi dan sumber
IPA:
Menyimpulkan hasil pengamatan bahwa gerak benda dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran
·     Energi
·     Gerak benda
·     Kenampakan permukaan bumi
·     Cuaca
·     Pengaruh Cuaca terhadap kehidupan
·     Kelestarikan dan pemeliharaan alam
§  mengidentifikasi berbagai gerak benda melalui percobaan
§  mengidentifikasi hal-hal yang mempengaruhi gerak benda
§  membuat daftar kegunaan gerak benda dalam kehidupan sehari-hari
§  menerapkan berbagai gerak benda untuk berbagai keperluan
§  menjelaskan pentingnya menghemat energi
§  memberi contoh cara menghemat energi di lingkungan rumah
§  menerapkan cara menghemat energi di sekolah
§  menyebutkan cara menghemat energi dalam kehidupan sehrai-hari
§  Mengidentifikasi berbagai gerak benda melalui percobaan
§  Mengidentifikasi hal-hal yang mempengaruhi gerak benda
§  Membuat daftar kegunaan gerak benda dalam kehidupan sehari-hari
§  Menerapkan berbagai gerak benda untuk berbagai keperluan
§  Menjelaskan pentingnya menghemat energi
§  Memberi contoh cara menghemat energi di lingkungan rumah
§  Menerapkan cara menghemat energi di sekolah
§  Menyebutkan cara menghemat energi dalam kehidupan sehrai-hari



IV. Matematika
3.Memahami pecahan sederhana dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
Matematika :
§ Mengenal pecahan sederhana
·     Pecahan
·     Bangun datar
·     Sudur
·     Persegi dan persegi panjang
§  menyajikan gambar dengan menuliskan pecahannya
§  membilang pecahan dengan kata-kata
§  Siswa menuliskan pecahan dengan lambang
§  Siswa menuliskan pecahan dengan kata-kata
§  Siswa membilang pecahan dengan lambang
§  Siswa membandingkan dua buah pecahan
§  Siswa menggunakan pembanding lebih atau tanda pembanding
§  Siswa menggunakan pembanding kurang dari atau tanda pembanding
§  Menyajikan gambar dengan menuliskan pecahannya
§  Membilang pecahan dengan kata-kata
§  Menuliskan pecahan dengan lambang
§  Menuliskan pecahan dengan kata-kata
§  Membilang pecahan dengan lambang
§  Membandingkan dua buah pecahan
§  Menggunakan pembanding lebih atau tanda pembanding
§  Menggunakan pembanding kurang dari atau tanda pembanding



V.  Bahasa Indonesia
5.   Memahami cerita dan teks drama anak yang dilisankan
6.   Menguangka-pkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dengan bertelepon dan cerita
7.   Memahami teks dengan membaca intensif (150 – 200 kata) dan membaca puisi
8.      Mengungkap-kan pikiran, perasaan dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi
Bahasa Indonesia :
§  Memberikan tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman taman yang didengarnya
§  Menirukan dialog dengan eksperimen yang tepat dari pembacaan teks drama anak yang didengarnya
§  Menceritakan peristiwa yang pernah dialami, dilihat atau didengar
§  Menjawab atau mengajukan pertanyaan tentang isi teks agak panjang (150 - 200 kata) yang dibaca secara intensif.
§  Menulis karangan sederhana berdasarkan gembar seri menggunakan pilihan kata dan kalimat yang tepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital dan tanda titik
·     Menanggapi cerita
·     Menirukan dialog
·     Menceritakan peristiwa
·     Percakapan
·     Menjawab pertanyaan
·     Menulis karangan
§  Siswa menanggapi masalah yang terjadi di sekitar kita
§  Siswa mendengarkan pembacaan cerita
§  Siswa menanggapi secara lisan masalah yang kita dengar
§  Siswa menirukan penggalan percakapan dari cerita yang dibaca
§  Siswa memberikan pendapat / perasaan dari hal-hal yang didengar siswa
§  Siswa menceritakan kembali peristiwa yang menyenangkan dan tidak menyenangkan
§  Siswa menjelaskan secara terperinci suatu tempat
§  Siswa menjelaskan urutan perjalanan menuju suatu tempat
§  Siswa menjawab pertanyaan dari bacaan yang dibaca
§  Siswa menggunakan tanda koma di depan bilangan persepuluh dan di antara rupiah dan sen
§  Siswa menggunakan tanda titik untuk memisahkan bilangan ribuan, jutaan atau kelipatan yang menunjukkan jumlah
§  Siswa mengajukan pertanyaan dari bacaan
§  Siswa menjelaskan secara lisan dongeng yang dibaca dengan kata-kata sendiri
§  Menanggapi masalah yang terjadi di sekitar kita
§  Mendengarkan pembacaan cerita
§  Menanggapi secara lisan masalah yang kita dengar
§  Menirukan penggalan percakapan dari cerita yang dibaca
§  Memberikan pendapat / perasaan dari hal-hal yang didengar siswa
§  Menceritakan kembali peristiwa yang menyenangkan dan tidak menyenangkan
§  Menjelaskan secara terperinci suatu tempat
§  Menjelaskan urutan perjalanan menuju suatu tempat
§  Menjawab pertanyaan dari bacaan yang dibaca
§  Menggunakan tanda koma di depan bilangan persepuluh dan di antara rupiah dan sen
§  Menggunakan tanda titik untuk memisahkan bilangan ribuan, jutaan atau kelipatan yang menunjukkan jumlah
§  Mengajukan pertanyaan dari bacaan
§  Menjelaskan secara lisan dongeng yang dibaca dengan kata-kata sendiri



Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ),Tekun ( diligence ),Tanggung jawab ( responsibility ),Ketelitian ( carefulness),Kerja sama ( Cooperation ),Toleransi ( Tolerance ),Percaya diri ( Confidence ),Keberanian ( Bravery )



                                                                                                                                    ............, ......................20 ...
              Mengetahui                                                                           
                Kepala Sekolah                                                                                  Guru Kelas





                .......................                                                                         .......................
                        NIP :.......................                                                    NIP :.......................

SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK

SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 2

TEMA: KERAJINAN TANGAN

Standar
Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Kegiatan Belajar
Indikator  Pencapaian Kompetensi 
Penilaian
Alokasi  Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
I. PKN
3.  Memiliki harga diri sebagai individu
IPS  :
·       Mengenal jenis-jenis pekerjaanj
·       Memahami kegiatan jual bei di lingkungan rumah dan sekolah
·     Kekayaan alam Indonesia
·     Harga diri
·     Kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
·       membuat kliping tentangjenis-jenis pekerjaan baik menghasilkan barang/ jasa
·       menjelaskan tujuan jual beli
·     menyebutkan yang dimaksud penjual
·       Membuat kliping tentang jenis-jenis pekerjaan baik menghasilkan barang/ jasa
·       Menjelaskan tujuan jual beli
·       Menyebutkan yang dimaksud penjual
Teknik Tes
o   Tes dan non tes
Bentuk Tes
o   Lisan :
o   Keberanian menjawab dan menyampaikan pendapat
o   Ketepatan menjawab
o   Keseriusan dan konsentrasi dalam menyimak pertanyaan
o   Tertulis :
o   Isian
o   Pilihan Ganda
o   Uraian
o   Tes perbuatan
o   Instrumen Tes
o    LKS
o   Lembar observasi

3 minggu
o  Buku Pendidikan Kewargaanegaraan
o  Buku IPA
o  Buku Matematika
o  Buku Bahasa Indonesia
o  Buku IPS
o  Ensiklopedia
o  Kamus Bahasa Indonesia
o  Pedoman EYD
o  Koran dan Majalah
o  Media elektronik
II.  IPS
2.   Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang

IPA :
·       Membuat kincir angin untuk menunjukkan bentuk energi angin dapat diubah menjadi energi gerak
·     Jenis-jenis pekerjaan
·     Semangat kerja
·     Jual beli
·     Uang
·     Pengelolaan uang
·       membuat salah satu benda yang dapat bergerak oleh angin
·       menentukan rancangan yang akan dibuat
·       menentukan alat dan bahan yang mudah didapt dan mudah digunakan
·       menentukan alat dan bahan yang mudah didapat dan mudah digunakan
·       menggunakan alat dan bahan secara tepat
·       membuat model sesuai rancangan dengan memperhatikan keindahan
·       memodifikasi model-model yang dibuat
·       Membuat salah satu benda yang dapat bergerak oleh angin
·       Menentukan rancangan yang akan dibuat
·       Menentukan alat dan bahan yang mudah didapat dan mudah digunakan
·       Menentukan alat dan bahan yang mudah didapat dan mudah digunakan
·       Menggunakan alat dan bahan secara tepat
·       Membuat model sesuai rancangan dengan memperhatikan keindahan
·       Memodifikasi model-model yang dibuat
III. IPA
5.   Menerapkan konsep energi gerak
PKn :
·       Memberi contoh bentuk haraga diri, seperti menghargai diri sendiri, mengakui kelabihan dan kekurangan diri sendiri dan lain-lain
·     Energi
·     Gerak benda
·     Kenampakan permukaan bumi
·     Cuaca
·     Pengaruh Cuaca terhadap kehidupan
·     Kelestarikan dan pemeliharaan alam
·       mengidentifikasikan perilaku yang menceritakan harga diri
·       menjelaskan cara agar dihargai orang lain
·       menjelaskan cara agar pendapat kita didengar orang lain
·       menjelaskan cara menyikapi teman yang suka berbohong
·       Mengidentifikasikan perilaku yang menceritakan harga diri
·       Menjelaskan cara agar dihargai orang lain
·       Menjelaskan cara agar pendapat kita didengar orang lain
·       Menjelaskan cara menyikapi teman yang suka berbohong



IV. Matematika
3.Memahami pecahan sederhana dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
4.  Memahami unsur dan sifat-sifat bangun datar sederhana
Matematika :
·     Mengenal pecahan sederhana
·     Pecahan
·     Bangun datar
·     Sudur
·     Persegi dan persegi panjang
·     menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan pecahan
·     menulis kalimat matematikanya
·     menentukan sudut dari benda/ bangun
·     menjelaskan sudut sebagai daerah yang dibatasi oleh dua senar (garis berpotongan)
·     mengurutkan besar sudut menurut ukuran
·     membuat jenis sudut lancip, siku-siku dan tumpul
·     Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan pecahan
·     Menulis kalimat matematikanya
·     Menentukan sudut dari benda/ bangun
·     Menjelaskan sudut sebagai daerah yang dibatasi oleh dua senar (garis berpotongan)
·     Mengurutkan besar sudut menurut ukuran
·     Membuat jenis sudut lancip, siku-siku dan tumpul



V.  Bahasa Indonesia
5.   Memahami cerita dan teks drama anak yang dilisankan
6.   Menguangka-pkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dengan bertelepon dan cerita
7.   Memahami teks dengan membaca intensif (150 – 200 kata) dan membaca puisi
8.      Mengungkap-kan pikiran, perasaan dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi
Bahasa Indonesia :
·     Memberikan tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman taman yang didengarnya
·     Melakukan percakapan melalui telepon/ alat komunikasi sederhana dengan menggunakan kalimat ringkas
·     Menjawab dan atau mengajukan pertanyaan tentang isi teks agak panjang (150 – 200 kata) yang dibaca secara intensif.
·     Menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri menggunakan pilihan kata dan kalimat yangtepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital dan tanda titik
·     Menulis puisi berdasarakan gambar dengan pilihan kata yang menarik
·     Menanggapi cerita
·     Menirukan dialog
·     Menceritakan peristiwa
·     Percakapan
·     Menjawab pertanyaan
·     Menulis karangan
·     mendengarkan bacaan yang berisi simbol lalu lintas
·     membuat percakapan melalui telepon dengan teman
·     melakukan bermain peran dengan alat komunikasi telepon
·     memperagakan percakapan melalui telepon
·     menyimpulkan isi bacaan
·     membaca contoh karangan
·     membuat percakapan melalui telepon
·     membuat kalimat berdasarkan gambar seri
·     menyusun karangan berdasarkan gambar seri
·     menulis ringkasan dongeng anak-anak
·     menentukan tema puisi berdasarakan gamabar
·     Mendengarkan bacaan yang berisi simbol lalu lintas
·     Membuat percakapan melalui telepon dengan teman
·     Melakukan bermain peran dengan alat komunikasi telepon
·     Memperagakan percakapan melalui telepon
·     Menyimpulkan isi bacaan
·     Membaca contoh karangan
·     Membuat percakapan melalui telepon
·     Membuat kalimat berdasarkan gambar seri
·     Menyusun karangan berdasarkan gambar seri
·     Menulis ringkasan dongeng anak-anak
·     Menentukan tema puisi berdasarakan gamabar yang dibawakannya.
·     Membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat.
·       Membaca dengan memperhatikan tempat jeda pendek dan panjang.
·       Membaca penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang benar.
·       Membaca denag memberikan penekanan pada kata tertentu sesuai dengan konteksnya.
·       Menyalin kalimat secara benar dengan menggunakan huruf lepas terlebih dahulu.
·       Menulis kalimat secara benar dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
·       Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung.



Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ),Tekun ( diligence ),Tanggung jawab ( responsibility ),Ketelitian ( carefulness),Kerja sama ( Cooperation ),Toleransi ( Tolerance ),Percaya diri ( Confidence ),Keberanian ( Bravery )