RENCANA PELAKSANAAN P EMBELAJARAN
KELOMPOK 1
Satuan Pendidikan
|
:
|
SEKOLAH DASAR
|
||||||||||||||||||||||||||||
Kelas/Semester
|
:
|
I (SATU) / 1(satu)
|
||||||||||||||||||||||||||||
Tema / Topik
|
:
|
Diriku
|
||||||||||||||||||||||||||||
Sub Tema
|
:
|
1.
Aku dan Teman Baru / I (satu)
|
||||||||||||||||||||||||||||
Pembelajan Ke-
|
:
|
1 (PERTAMA)
|
||||||||||||||||||||||||||||
Alokasi Waktu
|
:
|
1 (SATU ) HARI
|
||||||||||||||||||||||||||||
A.
|
Kompetensi INTI
1.
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengarkan, melihat, membaca)
dan menanya, berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan
tuhan dan kegiatannya, dan benda- benda yang dijumpainya dirumah dan
disekolah.
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yg mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
|
|||||||||||||||||||||||||||||
B
|
Kompetensi Dasar
PKn : 4.2
Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah
PJOK : 4.3
Mempraktikan pola gerak dasar manipilatif yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk
permainan sederhana dan atau permainan tradisional
Bahasa Indonesia :
4.4 Menyampaikan teks cerita
diri/personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
penyajian
SBDP :
4.1 Menggambar ekspresi dengan
mengolah garis,warna dan bentuk berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan
sekitar
|
|||||||||||||||||||||||||||||
C.
|
Indikator Pencapaian Kompetensi :
PPKn : -
Menjalankan peraturan pada permainan di sekolah
PJOK : -
Melakaukan gerakan melempar
- Melakukan gerakan menangkap
Bahasa
indonesia : -
Memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama lengkap
- Memperkenalkan diri dengan
menyebutkan nama panggilan
- Menyebutkan nama temanya
SBDP
: - Memberi
hiasan pada kartu nama
|
|||||||||||||||||||||||||||||
D.
|
Tujuan pembelajaran :
1.
Setelah megikuti permaninan
lempar bola, siswa dapat memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama panggilan
secara bernar
2.
Dengan melakukan permainan siswa
dapat menyebutkan nama lengkap dengan benar.
3.
Setelah mendengarkan penjelasan
guru, siswa dapat menghias kartu nama dengan rapi.
|
|||||||||||||||||||||||||||||
E.
|
Materi ajar :
PKn : Berprilaku tertib mentaati Peraturan
Permainan
B. Indonesia :
Menyebutkan nama teman baru
PJOK : Lempar dan tangkap bola
SBDP : -
Bernyanyi “ Siapa Namamu”.
- Menghias kartu nama
|
|||||||||||||||||||||||||||||
F
|
Pendekatan dan Metode pembelajaran :
-
Pendekatan
Scientific
-
Strategi
Cooperative Learning
-
Metode
Tanya jawab, Diskusi dan Bermain peran
|
|||||||||||||||||||||||||||||
G
|
Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan : 10 menit
1.
Mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk
mengawali kegiatan pembelajaran)
2.
Melakukan
komunikasi tentang kehadiran siswa
3.
Mengajak
menyanyi “ Siapa
Namamu”
4.
Menginformasikan
tema ”Diriku” dan sub tema ”Aku dan teman baru”
Kegiatan INTI : 150 menit
“ Teman Baru “
Langkah-langkah
kegiatan:
1. Pada awal pelajaran, guru memperkenalkan
diri kepada siswa.
2. Guru meminta siswa membuka buku siswa hal. 1
dan membacakan teks dan nama-nama
teman Udin.
3.
Guru menunjukkan cara berkenalan, seperti yang dilakukan Edo dan Beni di buku
siswa hal. 2.
4.
Siswa diajak untuk saling berkenalan melalui sebuah permainan lempar bola
dan menjelaskan aturan bermainnya
yaitu siswa diminta melingkar (boleh duduk atau berdiri).
5. Permainan dimulai dari guru dengan
memperkenalkan diri, ”Selamat pagi, nama saya Ibu/ Bapak....nama
panjang....biasa dipanggil Ibu/ Bapak.... kemudian, melempar bola pada salah
satu siswa (hindari pelemparan bola dengan keras)
6. Siswa yang berhasil menangkap bola harus
menyebutkan nama lengkap dan nama panggilan. Kemudian, dia melempar kepada
teman lain. Teman yang menangkap lemparan bola, menyebutkan nama lengkap dan
nama panggilan.
7. Demikian seterusnya hingga seluruh siswa
memperkenalkan diri.
8. Setelah semua memperkenalkan diri, guru
mengajak siswa untuk bernyanyi sambil mengingat kembali nama-nama teman di
kelas. Guru bisa menggunakan lagu
yang ada di buku siswa.
Lirik lagu “Siapa Namamu”
Ciptaan A.T. Mahmud
1 2 / 3 . / 3 4 / 5 ./
Sia pa kah na ma mu
5 4 / 3 . / 3 3 /1 . //
Na ma ku .............
(sebutkan nama anak)
9. Siswa berada pada posisi lingkaran. Guru
menyanyi sambil menepuk salah satu siswa, lalu siswa itu menyebutkan namanya.
Lalu siswa tersebut sambil menyanyi “Siapakah Namamu” menepuk teman di
sebelahnya dan teman tersebut menyebutkan namanya sambil mengikuti irama
lagunya dan seterusnya.
10.Kegiatan ditutup dengan diskusi pentingnya saling
mengenal, dimulai dari mengenal nama.
“
Menghias Kartu Nama “
Langkah-langkah
kegiatan:
1.
Guru menjelaskan bahwa untuk dapat
mengenal nama teman, kita bisa juga menggunakan kartu nama.
2. Guru
menyampaikan bahwa siswa akan membuat kartu nama mereka masingmasing.
3. Guru
membagikan potongan-potongan karton dengan nama masing-masing siswa.
4. Guru
menunjukkan kartu namanya sendiri yang sudah dibuat sebelumnya sebagai contoh
5. Siswa
diminta untuk menghias dan atau mewarnai kartu nama mereka masingmasing.
6. Siswa diminta menggunakan kartu namanya selama berada di
sekolah atau menempelkan semua kartu nama di kelas.
Penutup : 15 menit
1.
Bersama
siswa membuat kesimpulan pada keg sehari
2.
Melakukan
tanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui
ketercapaian materi)
3.
Melakukan
penilaian hasil belajar
4.
Mengajak
semua siswa berdoa
|
|||||||||||||||||||||||||||||
H
|
Media (Alat) dan Sumber Belajar
Media : 1. Bola plastik
atau bola dari kertas bekas yang dibuat menjadi bentuk bola
2.
Karton/kertas/kardus bekas yang sudah dipotong-
potong dan diberi nama masing-masing siswa
3.
Pensil warna/spidol yang bisa digunakan untuk
menghias kartu yang sudah disediakan
4.
Tali/peniti/alat lain untuk memasangkan kartu
nama
Sumber Belajar = - Buku siswa dan buku guru tema 1. Diriku
- Diri anak
|
|||||||||||||||||||||||||||||
I
|
Prosedur dan Instrumen
Penilaian =
Mengetahui :
, 11 Juli 2013
Kepala Sekolah Guru
Kelas 1
Sebutkan nama teman-teman Udin
(Buku Siswa halaman
1)
“
Siapa Namamu “ Cipt. A.T Mahmud
(Buku
siswa halaman 3)
LAMPIRAN
PENILAIAN HASIL
Cara Penilaian memperkenalkan
diri dengan permainan
Rumus perhitungan sebagai
berikut:
Skor ideal
Keterangan:
· Jumlah skor yang
diperoleh siswa adalah jumlah skor yang diperoleh siswa dari kriteria 1 dan
kriteria 2.
· Skor ideal adalah perkalian dari banyaknya
kriteria dengan skor tertinggi.
Pada contoh ini, skor ideal = 3 X 4 =
12
Perhitungan nilai akhir
siswa:
Dayu : 11 x 100 = 91,7
12
Beni : 10 x 100 = 83,3
12
|
|||||||||||||||||||||||||||||
No comments:
Post a Comment