AYAH

Ayah Hebat Peduli Anak “Jika ayah memahami bahwa anaknya adalah masa depan umat, maka tidak ada ayah yang mengabaikan anaknya demi bisnisnya.” ungkap Ustadz Budi Ashari, Lc dalam Kajian Rabu Malam, Masjid Darussalam, Depok (16/4/2014). Pakar sejarah Islam ini mengingatkan para ayah bahwa anak-anak adalah hal yang paling mahal. Anak adalah mustaqbala ummah-masa depan ummat-. Di tangan merekalah peradaban Islam kelak. Jika hari ini kita masih kesulitan memilih pemimpin karena keterbatasan individu, maka para ayah harus mulai memikirkan bagaimana mencetak generasi pemimpin masa depan. Jangan sampai ayah terlalu sibuk di luar. Mencari nafkah memang tugas ayah, tapi itu bukan merupakan tugas satu-satunya. “Nabi adalah sosok yang paling sibuk, tapi masih sempat meluangkan waktu mengusap kepala setiap anak yang ditemuinya. Bahkan Nabi menyempatkan diri mendidik dan bermain dengan cucu-cucunya. Apakah kesibukan kita mengalahkan nabi sehingga tak sempat peduli dan memperhatikan anak-anak?” tanyanya tegas. Ayah dengan empat anak ini pun mengungkapkan bahwa Khalifah Umar bin Khattab yang terkenal tegas dan galak saja sangat dekat dengan anak-anak. Ini membuktikan bahwa seorang laki-laki yang telah menjadi ayah harus bisa menempatkan diri, kapan menjadi laki-laki yang tegas dan kuat, kapan menjadi sosok lembut kepada anak dan istrinya. Alumnus Universitas Madinah ini berkisah tentang kehebatan ayah Shalahuddin al Ayubi. Tidak mengherankan jika Shalahuddin menjadi orang besar di kemudian hari, pembebas Al Aqsha. Hal tersebut tidak lepas dari peran besar ayahnya yang menanamkan nilai dan keyakinan sejak kecil. Ketika Shalahuddin kecil bermain dengan anak-anak perempuan di jalan, ayahnya mengambilnya dari tengah mereka. Ia pun mengangkat tubuh Shalahuddin tinggi-tinggi ke udara. Ayah Shalahuddin berkata, “Dulu, saya menikah dengan ibumu bukan untuk melakukan seperti ini. Aku menikah dengan ibumu agar kelak kau yang membebaskan al Aqsha!” Shalahuddin dijatuhkan ke tanah, ia kesakitan. Ayahnya bertanya, apakah kamu sakit karena jatuh? Shalahuddin menjawab: Ayah menyakiti saya. Ayahnya bertanya lagi, “Mengapa kamu tidak teriak saja karena sakit?” Shalahuddin kecil pun menjawab,” Tidak layak seorang pembebas al Aqsha mengeluh kesakitan!” Setelah membahas pentingnya peran ayah bagi anak, pakar pendidikan Islam ini mengutip karya Dr. Adnan Baharist yang mengungkapkan bahwa Allah telah siapkan perangkat agar aqidah anak terjaga. Menurutnya, anak-anak di usia awal mengambil nilai, akhlaq, hanya dari orang tuanya. Allah menjadikan orang tua sebagai contoh terhebat bagi anaknya. “Di fase awal, anak-anak hanya percaya pada orang tuanya sehingga sulit digendong orang lain. Inilah perangkat yang Allah siapkan dalam rangka menjaga anak dari pengaruh luar. Masa kanak-kanak manusia lebih lama dibanding makhluk lain, agar cukup bagi orang tua menanam aqidah di diri anak.” tandasnya. (nu/PN)

Wednesday, November 20, 2013

CONTOH RPP KELAS IV SD KURIKULUM 2013


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SatuanPendidikan                   :SD Negeri PUNOKAWAN
Kelas/Semester                       :IV/1
Tema                                       : Indahnya Kebersamaan
Sub Tema                                : Bersyukur atas Keberagaman.
Pembalajaran ke                    :  3 ( tiga)
Waktu                                      : 1 Hari

A.KompetensiInti
1.      Menerima,menjalankan,dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memililikiperilakujujur,disiplin,tanggungjawab,santun,pedulidanpercayadiridalamberinteraksidengankeluarga,teman,tetanggadan guru.
3.      Memahamipengetahuan factual dengancaramengamati(mendengar,melhat,membaca) danmenanyaberdasarkan rasa ingintahutentangdirinyamakhlukciptaanTuhandankegiatannyadanbenda-benda yang dijumpainya di rumah,sekolahdantempatbermain.
4.      Menyajikanpengetahuan factual dalambahasa yang jelasdanlogisdansistematisdalamkarya yang estetisdalamgerakan yang mencerminkanakalsehatdandalamtindakan yang mencerminkanperilakuanakberimandanberakhlakmulia.
5.      Menyajikanpengetahuan factual dalambahasa yang jelasdanlogisdansistematisdalamkarya yang estetisdalamgerakan yang mencerminkanakalsehatdandalamtindakan yang mencerminkanperilakuanakberimandanberakhlakmulia.

B.KompetensiDasar
PPKN
    3.4.  Memahami arti bersatu dalam  keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat
4.3.  Bekerjasama dengan teman dalam keberagaman di lingkungan rumah, sekolah dan  masyarakat
    BAHASA INDONESIA
3.1Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas,bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman-teman dalam bahasa Indonesia lisan da tulis dengan memilih dan memilah kosa kata baku
   4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosa kata baku.

MATEMATIKA
1.      3.2.   Menerapkan penaksiran dalam melakukan penjumlahan, perkalian, pengurangan dan pembagian untuk memperkirakan hasil perhitungan.
2.      4.1. Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri, menyatakan kalimat matematika dan memecahkan masalah dengan efektif permasalahan yang berkaitan dengan KPK dan FPB satuan kwantitas, desimal dan persen terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah, atau tempat bermain serta memeriksa kebenarannya.

IPS
1.      3.5. Memahami manusia dalam dinamika iteraksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
2.      4.5. Menceritakan manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi


C.Indikator
PPKN
1.      Memberikan contoh kegiatan yang menunjukkan sikap bekerjasama.

       BAHASA INDONESIA
       1. Menceritakan pengalaman memakan suatu makanan tradisional
MATEMATIKA
1.      Menyelesaikan masalah yang terkait dengan penaksiran.
IPS
1. Menemukan contoh interaksi manusia dengan lingkungan sosial
D.TujuanPembelajaran
1.      Setelah membaca teks, siswa mampu menuliskan pengalamannya tentang mencoba salah satu makanan tradisional dengn menggunakan kosa kata baku denga benar.
2.      Dengan mengamati gambar, siswa mampu menemukan jawaban dari soal penaksiran terhadap banyak benda dengan benar,
3.      Setelah berdiskusi kelompok, siswa mampu memberikan contoh kegiatan yang menunjukkan sikap bekerja sama dalam bentuk tulisan
4.      Siswa mampu menemukan contoh hubungan/ interaksi manusia dengan lingkungan sosial dalam bentuk tulisan hasil diskusi.
E.Materi Ajar
1.      Macam-macam makanan tradisional di berbagai wilayah di Indonesia, misalnya empek-empek dari Palembang, peyem dari Bandung, bakpia dari yogyakarta, sega jamblang dari Cirebon Bawa barat,nasi pecel dari Madiun Jawa Timur, nasi krawu dari Gresik Jawa Timur,keripik tempe dari Purwokerto Tawa tengah, nasi kucing dari Yogyakarta.
2.      Menumbuhkan rasa kepedulian orang lain,
3.      Menaksir harga
4.      Interaksi dengan sesama teman dan lingkungan sekitar

E.AlokasiWaktu
6 x 35 menit.
F.Pendekatan/Strategi/Metode
Pendekatan Scientific
Metodediskusikelompokdanpenugasan
G. KegiatanPembelajaran
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI
WAKTU
Pendahuluan
Ø Guru memnberi salam mengajak berdoa (religius)
Ø Mengecek kehadiran peserta didik
Ø Peserta didik mencermati gambar kemudian diminta menyampaikan pendapat dan perasaannya setelah melihat gambar tersebut.
Ø Guru menunjukkan gambar tentang kegiatan yang akan dilakukan.
Ø Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan tersebut dan ruang lingkup materi yang akan dipelajari


10 menit
Inti
Ø . Peserta didik mendengarkan penjelasan mengenai kegiatan yang  akan dilaksanakan selama pembelajaran yaitu melaksanakandiskusikelompoktentang makanan khas dari berbagai daerah
Ø Peserta didik mendengarkan arahan guru agar dalam kegiatan
diskusi dapat bekerjasama dengan baik, santun dan menghargai
 pendapat teman.
Ø Peserta didik membaca dan mencermati kembali teks tentang .
Keberagaman

Ø  Setelahmendapatkaninformasidaribacaan yang dibacapesertadidikmelaksanakandiskusiuntukmengenal  makanan khas daerah di negeri kita.
Ø Masing-masingkelompokmenyusunlaporanhasildiskusikemudianmelaporkanhasildiskusi di depankelas.
60 menit

Ø Pesertadidikmengamatidanmencermatigambar berbagai makanan khas daerah di negeri ini
Ø Pesertadidikmendiskripsikangambartersebutdalambentukceritasecaratertulisdenganbahasanyasendirisecaraindividu.
Ø Pesertadidikmembacakanhasilkaryanya di depankelas,pesertadidik yang laindimintamendengarkan,mencermati,menanggapi,memberiinformasiatau saran denganbahasa yang baik,dansantun.
Ø Guru melakukanpenilaiansikappesertadidikselamamerekamalaksanakantugas individual.

60 menit

Ø Pesertadidikdimintauntuk menaksir harga  makanan khas daerah
Ø Peserta didik diminta untuk menghitung uang yang harus dikeluarkan jika ingin membeli beberapa makanan khas daerah.
Ø Guru melakukanpenilaian proses danhasilkaryapesertadidik.


60 menit
Penutup
Ø Peserta didik dengan bimbingan guru menyimpulkan  hasil
Pembelajaran pada pertemuanhari itu.
Ø Guru memberikesempatankepadabeberapapesertadidkuntukmenyampaikanpendapatnyatentangpembelajaran yang telahdiikuti.
Ø Guru melakukanpenilaian
Ø Guru menyampaikanpesan moral untuksenantiasamensyukurinikmatTuhan, mencintaimakhlukciptaanTuhan,menghargaikarya orang lain..
Ø  Salam dandoapenutup.
20menit



H. Penilaian
     1. Test Tertulisdalambentukuraian.
     2. Penilaiansikapselamabekerjakelompok
    3. PenilaianPresentase
 4. Penilaianhasil (produk)   
(Instrumenterlampir).
I.Sumberdan Media pembelajaran
1.       Kemendikbud RI 2013,.Buku Guru Kelas IV TemaIndahnya kebersamaan,hal.112-114
2.       Kemendikbud RI 2013,.Buku SiswaKelas IV TemaIndahnya  Kebersamaan,Pembelajaran 3 hal.85-88
3.       Gambar makanan khas dari beberapa daerah.
4.       Teks bacaan.

           
                                                                                                ,  11Juli 2013
Kepala SD Negeri PUNOKAWAN                                               Guru Kelas IV













LAMPIRAN
A.      Instrumentestertulis
Jawablahpertanyaan di bawahini !
1.       Sebutkan makanan khas daerah yang kamu ketahui !
2.       Berasal dari daerah mana sego jamblang itu?
3.       Jika satu porsi lontong sayur harganya Rp. 5.150, berapa rupiah kita harus membayar jika membeli 4 porsi?
4.       Satu kotak bakpia berisi 15 biji,Rudi mempunyai 4 kotak dan akan dibagikan kepada 12 anak,berapa biji bakpia yang diterima setiap anak?
5.       Bagaimana sikapmu pada saat menemukan perbedaan diantara teman kelompokmu
KUNCI JAWABAN
1.Sega jamblang, nasi pecel, lontong opor, nasi krawu, nasi kucing, empek-empek palembang, bakpia.
2.Sego jamlang berasal dari cirebon.
3..Rp.5.150 x 4 = Rp.20.600
4..4 x 15 = 60 : 12 = 5
5..menghargai pendapat teman
PEDOMAN PENILAIAN
1.Jawabansempurnaskor3
2.Jawabankurangsempurnaskor 2
3.Adajawabantetapisalahskor 1
4.Tidakmenjawabskor 0
Skormaksimal : 15
NA = Perolehanskor x 100
Skormaksimal
B.      Format PengamatanSikapkegiatandiskusikelompok
Nama Siswa
Kerjasama
Keatifan
Menghargai
Tanggungjawab
Ket.
























C.     PenilaianPresentasi
Format PengamatanPresentasiHasilDiskusi
NO
Nama Peserta Didik
Aspek
Jumlah Skor
Nilai


















           

















LEMBAR KERJA  1
Petunjukumum:
1.Tulislahnamaanggotakelompokmuterlebihdahulu!
2.Kerjakantugaskelompok di bawahinidengancermat,telitidanbenar !
3.Buatlahlaporanhasilkerjakelompokmupadatempat yang tersedia!
Petunjukkegiatan:
1.Tersediagambar berbagai makanan .
2.Tuliskan nama makanan dan asal daerahnya!
3.Tempelkankartutersebutpadatempat yang tersedia !











                                                                                                  




Gambar makanan
no
Gambar
Nama Makanan
Asal dari
1


2


3


4


5

























No comments:

Post a Comment